ARUS BALIK LEBARAN 2024 : Polda Lampung Gunakan Helikopter Lakukan Pantauan Udara Arus Balik

ARUS BALIK LEBARAN 2024 : Polda Lampung Gunakan Helikopter Lakukan Pantauan Udara Arus Balik

LANCAR : Pantauan Polda Lampung di Jalan Tol Trans Sumatra.-polda lampung-

RADARTV – Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memantau arus balik lebaran tahun 2024 pada H + 3 atau Ahad 14 April 2024 melalui udara.

Kepolisian menerbangkan satu unit helikopter yang terbang rendah menyusuri jalur mudik yakni jalan tol trans Sumatra (JTTS), jalan lintas Sumatra, Pelabuhan Panjang hingga Pelabuhan Bakauheni

Kabis Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengatakan pemantauan udara untuk melihat dan mengetahui kondisi terkini terkait kepadatan arus kendaraan di jalan tol, dan jalan arteri lintas sumatera pada h+3 pasca lebaran.

Di Kota Bandar Lampung pemantauan udara dilakukan di titik padat Jalan Soekarno Hatta (By pass), area masuk dan dalam di dermaga Pelabuhan Panjang, dan jalan tol trans Sumatra.

Termasuk sejumlah rest area yang akan dijadikan tempat penampungan kendaraan saat pemberlakukan delay system (DS), tempat penampungan kendaraan di Gayam dan situasi Pelabuhan Bakauheni.

Dari pantauan udara langsung melalui helikopter, terlihat arus kendaraan ramai lancar. Sejak pagi, ratusan kendaraan yang hendak kembali ke Pulau Jawa masuk dan mulai mengarah ke Bakauheni.

Arus kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni lebih banyak jika dibandingkan arus sebaliknya menuju Tol Terbanggi Besar. 

Beberapa kendaraan juga terlihat masuk rest area untuk menjalani scanning tiket guna dipasangi stiker penanda.  Pengendara biasanya sudah memesan tiket via aplikasi Ferryzy sebagai mengantisipasi penumpukan kendaraan. 

Di Pelabuhan Panjang, lalu lintas jalan menuju dalam dan luar pelabuhan masih tergolong sepi. Sebuah kapal motor penumpang sudah bersiaga untuk menangkut pemudik sepeda motor dan kendaraan pribadi tujuan Pelabuhan Ciwandan, Banten.

BACA JUGA: ARUS BALIK LEBARAN 2024 : Polres Tanggamus Lampung Lakukan Pantauan Udara

Jalan tol trans lampung, mulai dari ruas tol gate Kota Baru, Lematang, exit tol Sidomulyo, exit tol Kalianda tampak ramai, terutama dari arah Bandar Lampung menuju Bakauheni. Arus sebaliknya termasuk lengang, meski tetap dilewati banyak kendaraan.

Sebelum menuju Pelabuhan Bakauheni, Kabid Humas Polda Lampung sempat memutar sejenak ke Penengahan Lampung Selatan untuk melihat kesiapan rest area khusus jalan lintas sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: