Dihantam Badai KM Sri Muncul Hancur dan Karam, 6 ABK Berhasil Diselamatkan

Dihantam Badai KM Sri Muncul Hancur dan Karam, 6 ABK Berhasil Diselamatkan

ALHAMDULILLAH : Basarnas evakuasi korban kapal tenggelam.-basarnas-

RADARTV – Cuaca di Peraiaran Teluk Lampung sedang tak bersahabat. Sebuah kapal motor nelayan hancur dan karam usai dihantam badai di perairan sekitar Pulau Legundi, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada Rabu 3 Januari 2024 malam.

Kapal Motor (KM) Sri Muncul terbelah dan hancur saat badai menerjang. Beruntung saja, seorang nahkoda dan 5 anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan. Carmin sang nahkoda bersama lima ABK yakni, Iwan (30), Nawi (25), Putra (25), Ari (25) dan Amir (50) masih bisa menyelamatkan diri.

Saat kapal hancur dan perlahan hendak tenggelam. Salah satu korban sempat memberitahu keluarga jikalau kapal mereka hendak tenggelam. Lantas, keluarga menghubungi Kanto Basarnas untuk dilakukan evakuasi.

Kronologis Peristiwa 

Kejadian bermjula saat KM Sri Muncul berangkat hari Dermaga Bom, Lampung Selatan pada Rabu (3/01) pukul 04.00 WIB menuju Pulau Legundi untuk mencari ikan. Sekitar pukul 21.00 malam, datang badai kuat dan segera hancurkan kapal. 

”Nahkoda sempat menelpon keluarganya memberitahukan jika kapal hendak tenggelam,” ujar salah satu korban. 

Kemudian pihak keluarga bersama nelayan langsung mengarahkan perahu dari Teluk dan dari Kalianda untuk melakukan pencarian dan bantuan. Setibanya di lokasi sekitar Pulau Legundi mereka hanya menemukan dirigen dan pelampung. 

”Awalnya hanya ketemu jeriken dan pelampung. Sedangkan kapal dan orangnya tak ada,” jelasnya/

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Bakauheni dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) menuju lokasi untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

”sekira pukul 10.50 WIB, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 4 orang korban dalam keadaan selamat di sekitar perairan pulau tiga dan 2 orang lainnya di sekitar dermaga Pulau Sebuku  dalam kondisi selamat,” jelas Deden.

Kemudian 6 korban tesebut langsung dievakuasi menuju Dermaga Boom dengan menggunakan Kapal Dinas Sosial.

Koordinator Pos SAR Bakauheni Febri Yanda melaporkan langsung kepada Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. selaku SMC (SAR Mission Coordinator). "Alhamdulillah keseluruhan POB dari KM Sri Muncul yang tenggelam telah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.", ujar Febri.

Kakansar Lampung juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada unsur SAR Gabungan yang terlibat pada operasi SAR kali ini. "Alhamdulillahirabbilalamin, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur  yg terlibat pencarian ini, dengan sinergi dan koordinasi yg baik, alhamdulillah semua korban dapat ditemukan dan di evakuasi dalam keadaan selamat.", kata Deden. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: