Yuk Kenali Penyebab Rambut Rontok Yang Berlebihan

Yuk Kenali Penyebab Rambut Rontok Yang Berlebihan

rambut rontok-pict by freepik.com-

RADAR TV - Rambut rontok adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi siapapun, baik pria maupun wanita dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dilansir dari alodokter.com, jumlah rambut rontok normalnya sekitar 100.000 helai dan akan lepas atau rontok 50-100 helai setiap harinya. Hal ini adalah kondisi yang normal, karena rambut yang rontok tersebut akan tergantikan oleh rambut yang baru. 

Rambut yang rontok berlebihan akan berakibat pada kebotakan. Tentu hal ini akan menggerus rasa percaya diri seseorang, karena rambut merupakan bagian dari jati diri dan merupakan mahkota baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Berikut beberapa penyebab utama rambut rontok : 

1. Genetika

Faktor genetika memainkan peran penting dalam penentuan kepadatan rambut seseorang. Jika ada riwayat keluarga dengan rambut tipis atau rontok, kemungkinan kamu juga akan mengalaminya.

2. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama kehamilan, menyusui, menopause, atau bahkan saat mengonsumsi pil kontrasepsi, dapat memicu rambut rontok.

3. Stres 

Stres kronis dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Ini dapat disebabkan oleh stres emosional, fisik, atau bahkan oleh stres yang terkait dengan pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

4. Polusi Lingkungan 

Paparan polusi udara dan kimia di lingkungan sekitar dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan. Zat-zat berbahaya seperti sulfur dioksida, karbon monoksida, dan partikel halus dapat menyumbat folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut baru.

5. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi penting seperti protein, zat besi, vitamin (terutama vitamin D dan vitamin B kompleks), dan mineral (seperti seng dan magnesium) dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

6. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: