Waspada! Dampak Buruk Overthingking yang bisa Berakibat Fatal

Waspada! Dampak Buruk Overthingking yang bisa Berakibat Fatal

Akibat Fatal Overthinking-pinterest-

RADARTVNEWS.COM-Apakah anda adalah orang yang selalu memikirkan sesuatu  dengan berlebihan dan secara terus-menerus? Atau terlalu sering merasakan cemas dan terlalu memikirkan opini orang lain? Anda mungkin saja adalah seseorang yang sedang merasakan overthinking. Menjadi seseorang yang overthinking tentu sangat tidak nyaman, bahkan hal ini akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Yuk, kenali bahaya overthinking

Apa itu Overthingking?

Meskipun dalam psikologi dan medis tidak terdapat definisi khusus tentang overthinking, kondisi seperti ini adalah bentuk kecenderungan yang berlebihan terhadap sesuatu seperti memantau berlebihan, mengevaluasi berlebihan, dan memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Seseorang yang merasakan overthinking akan merasakan waktunya yang banyak hanya akan terbuang sia-sia untuk memahami penyebab overthingking tersebut dan arti dari pikiran mereka sendiri sehingga menyebabkan tekanan pada mental dan fisik mereka.

Overthingking dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya keputusan yang diambil terlalu berlebihan untuk dipertimbangkan sehingga akan mempertanyakan kembali keputusan tersebut dan hal ini terus berulang, terlalu berlebihan dalam memahami pendapat orang lain, menebak-nebak opini yang akan disampaikan oleh orang lain, berlebihan dalam memprediksi masa depan serta terlalu mencemaskannya, dan berlebihan dalam membaca detail tertentu..

Seseorang yang overthingking terlalu sering mengeluarkan opini mereka, merasakan cemas dan takut terhadap apa yang telah mereka katakan dan nantinya akan terlihat buruk di hadapan orang lain.

Dampak Buruk Overthinking terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

Overthinking merupakan suatu hal yang tidak nyaman bahkan dapat menimbulkan stress yang berkelanjutan. Terlalu banyak memikirkan sesuatu bukanlah kebiasaan yang baik. Akan tetapi hal ini akan berdampak buruk bagi kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Overthinking tentunya sangat berdampak buruk bagi kesehatan, sebab tubuh akan mengalami lonjakan  kortisol, yang akan berdampak panjang pada kesehatan fisik terutama mental.

Berikut ini adalah dampak negatif dari overthinking:

1. Menyebabkan Berbagai Masalah Kesehatan Mental

Seseorang yang overthinking akan mengakibatkan ketidakstabilan emosi, kecemasan berlebihan, bahkan adanya emosi negative yang berlebihan ketika tidak ada yang salah.

Coba fokuskan diri untuk lebih mengenali diri sendiri, membangun suasana hati yang bahagia, karena stress yang kronis akan mengakibatkan kesehatan mental yang fatal.

2. Mempengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: