Yuk Kenali Penyebab Rambut Rontok Yang Berlebihan

Yuk Kenali Penyebab Rambut Rontok Yang Berlebihan

rambut rontok-pict by freepik.com-

Merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan diet yang tidak seimbang dapat berkontribusi pada kerontokan rambut. Kebiasaan seperti menggunakan alat pemanas seperti hair dryer atau catokan secara berlebihan juga dapat merusak folikel rambut.

7. Penyakit Medis

Beberapa kondisi medis seperti alopecia areata, tiroid tidak aktif (hipotiroidisme), infeksi kulit kepala, dan penyakit autoimun dapat menyebabkan rambut rontok.

8. Efek Samping Obat

Beberapa obat, seperti obat kemoterapi, obat antikoagulan, obat antihipertensi, dan obat-obatan untuk masalah kejiwaan, memiliki efek samping berupa kerontokan rambut.

9. Usia

Pertambahan usia dapat menyebabkan penurunan produksi hormon yang mengatur pertumbuhan rambut, yang dapat menyebabkan rambut menjadi lebih tipis dan rontok.

10. Manipulasi Rambut yang Berlebihan

Penggunaan bahan kimia yang keras, pewarna rambut yang sering, atau gaya rambut yang menarik sangat kuat dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Jika jaringan parut terjadi, rambut rontok bisa menjadi permanen. 

Demikian beberapa penyebab kerontokan rambut yang umum terjadi. Mengidentifikasi penyebab kerontokan rambut adalah langkah pertama dalam menemukan solusi yang tepat. Jika masalahnya persisten atau parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi untuk diagnosis dan perawatan yang sesuai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: