Optimalisasi Fasilitas Dukung Transformasi Kesehatan Lampung, Pelayanan RSUDAM Diminta Seperti RSCM

Optimalisasi Fasilitas Dukung Transformasi Kesehatan Lampung, Pelayanan RSUDAM Diminta Seperti RSCM

Gubernur Arinal meminta pelayanan RSUDAM untuk ditingkatkan seperti di RSCM Jakarta.(foto/ist)--

RADARTV - Pemerintah Provinsi Lampung bersama Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) bersinergi mewujudkan enam pilar transformasi kesehatan melalui upaya pengoptimalan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menjelaskan akselerasi implementasi enam pilar transformasi kesehatan yang terdiri dari layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan transformasi teknologi adalah upaya untuk mengatasi ketimpangan di sektor kesehatan.

Arinal meminta pelayanan RSUDAM untuk ditingkatkan seperti di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"RSUDAM dapat terus berbenah, berkembang dan naik kelas untuk dapat menjadi solusi masalah kesehatan di Provinsi Lampung untuk ditingkatkan seperti di RSCM," ungkap Arinal (27/12).

BACA JUGA:KPU Lampung Target Pelipatan Surat Suara Selesai 15 Januari

Kehadiran fasilitas baru Gedung Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Eneeging (Pinere), Gedung Rawat Inap, Gedung Instalasi Gizi l dan Gedung Komersial atau Mall RSUDAM adalah upaya Pemprov memenuhi program transformasi kesehatan.

"Poin transformasi layanan rujukan kesehatan memiliki peran penting dalam memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terintegrasi. Oleh karena itu RSUDAM terus didorong untuk menjadi rumah sakit dengan fasilitas rujukan tertinggi di Provinsi Lampung untuk dapat menerima kasus-kasus Pinere dari seluruh penjuru Lampung," pungkas Arinal 

Sistem rujukan yang baik akan menjadi jembatan antara berbagai tingkatan pelayanan kesehatan dan memastikan pasien mendapatkan akses cepat serta tepat menuju layanan yang diperlukan. Sehingga kedepan tidak perlu dilakukan rujukan penanganan pasien ke luar daerah.

Sementara Direktur RSUDAM Lukman Pura, mengatakan RSUDAM merupakan salah satu rumah sakit umum daerah yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI sebagai pengampu sembilan layanan prioritas.

Kesembilan layanan tersebut adalah kanker, jantung, stroke, uronefrologi, infeksi emerging, paru, gastrohepatologi, kesehatan ibu dan anak serta diabetes melitus.

BACA JUGA:KPU, Media dan Perempuan Kolaborasi Tingkatkan Partisipasi Pemilih

"RSUDAM akan terus melakukan upaya peningkatan kemampuan revitalisasi pelayanan guna memenuhi standar mutu layanan dan memaksimalkan efisiensi dan potensi RSUDAM sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat," ujar Lukman.

Lukman Pura optimis permintaan Gubernur untuk menjadikan RSUDAM seperti RSCM dapat tercapai. 

"Jika sebagai pembanding kan RSCM sebagai rujukan nasional kalau RSUDAM ini tertinggi regional di Lampung. RSUDAM ini sudah lengkap tipe A dan sudah ada pelayanan seperti kanker, jantung, saraf, urunefrologi ditambah KIA, DM, TB.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: