Presiden Jokowi Panen Kopi Petik Merah di Lampung Barat

Presiden Jokowi Panen Kopi Petik Merah di Lampung Barat

PETIK MERAH : Presiden Jokowi panen kopi petik merah di Lampung Barat.-Noprie RL-

RADARTV – Hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Lampung, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambangi Kabupaten Lampung Barat.

Ada dua agenda penting yang dilakukan Jokowi di Bumi Sekala Beghak.  Didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, tiba menggunakan tiga unit helikopter mendarat di Stadion Kawasan Sekuting Terpadu, Lampung Barat, Jumat, 12 Juli 2024 pagi.

Terdapat dua lokasi dikunjungi orang nomor satu tersebut. Rombongan mengawali kunjungan ke RSUD Alimuddin Umar.

Berada di RSUD Alimuddin Umar, Jokowi tampak langsung menyapa pasien rawat jalan. Bersama  Menkes Budi Gunadi Sadikin mengecek pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Setelah mengecek pelayanan kesehatan pasien BPJS Kesehatan di RSUD Alimuddin Umar. Presiden melanjutkan perjalanan ke titik kedua agenda kunjungan yakni kebun kopi milik Safruddin, di Pekon Kembahang Kecamatan Batubrak.

Dalam kesempatan itu, Presiden tampak didampingi jajaran menteri, anggota DPR RI asal Lampung Mukhlis Basri, Pj Gubernur Lampung Samsudin dan Pj Bupati Lampung Barat Nukman.

Sepanjang perjalanan yang dilintasi presiden, tampak ribuan warga antusias menyambut  presiden dengan berdiri di sepanjang jalan hingga melambaikan tangan menyapa presiden. 

Mentan Diminta Perhatikan Petani Kopi 

Di perkebunan kopi jenis rabosta sudah membentang buah kopi warna merah. ”Kita miliki 1,2  juta hektar perkebunan kopi robusta dan Arabica. Di Lampung Barat ini paling besar hingga 60 ribu hektar,” kata Jokowi di hadapan wartawan.

Menteri Pertanian (Mentan) mendapat perintah khusus yakni agar beri perhatian kepada komoditas kopi, oaling pentiung produktivitas harus naik dari 1 sampai 2 ton mencapai 8 ton naik drastis.

”Mentan ini harus diperhatikan. Bisa terjadi jika ada pupuk yang baik, bibit yang baik, jarak tanam diperhatikan," ujar Jokowi

Pupuk subsidi baik volume dan jumlah subsidi kita naikan dua kali lipat. ”Tadi sudah saya tanyakan ke petani langsung. Diakui aman masalah persedian pupuk,” kata Jokowi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: