Darul Ilmu Hadirkan Dauroh Intensif Perjalanan Menuju Allah dan Kampung Akhirat Oleh Ustadz Nursamsul Qomar

Darul Ilmu Hadirkan Dauroh Intensif Perjalanan Menuju Allah dan Kampung Akhirat Oleh Ustadz Nursamsul Qomar

AYO IKUTI : Dauroh intensif yang dilaksanakan Darul Ilmi. -freepix-

RADARTV – Dari Shafwan bin Assal Al-Muradi Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Aku mendatangi Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang sedang berada di masjid dan beliau sedang bertelekan dengan memakai baju yang berwarna merah, lalu aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, aku datang untuk menuntut ilmu. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

 “Selamat datang penuntut ilmu, sesungguhnya penuntut ilmu itu dikelilingi oleh para malaikat dan dinaungi oleh mereka dengan sayap-sayapnya, dan para malaikat itu berada di atas satu sama lainnya hingga langit pertama karena mereka sangat mencintai apa yang ia cari (yaitu berupa ilmu Allah Subhanahu wa Ta’ala).” (HR. Imam Ahmad dan Ath-Thabrani)

Mendatangi ilmu

Hadits ini menunjukkan bahwa seorang penuntut ilmu hendaknya mendatangi majelis - majelis ilmu. Seorang penuntut ilmu hendaklah ia mendatangi majelis yang diajarkan padanya ilmu-ilmu Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Oleh karena itulah Imam Malik mengatakan:

 “Ilmu itu hendaknya didatangi, bukan ilmu yang mendatangi kita.”

Hal ini karena yang membutuhkan ilmu itu kita. Hadits ini juga menunjukkan bahwa hendaknya apabila kita membutuhkan ilmu, maka segera kita cari ahlinya. 

Ini dia Shafwan bin Assal datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk bertanya tentang ilmu. Maka dari itulah apabila kita hendak bertanya, kita hendak mencari ilmu, cari kepada ahlinya. Tentunya ahlinya adalah mereka yang benar-benar menguasai Al-Qur’an dan hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, demikian pula ilmu-ilmu alat yang mendukung padanya.

Nah, menjelang bulan Ramadan 1445 Hijriah, Darul Ilmi kembali bersiap melaksanakan Dauroh Intensif. Agendanya sudah disiapkan, Insya Allah akan dihelat Ahad 25 Februari 2024, di Masjid Ar Royyan.

Dauroh Intensif  menghadirkan Ustadz Nursamsul Qomar, L.C. Alumni LIPIA ini akan membawakan Kitab Perjalanan Menuju Allah dan Kampung Akhirat. 

Menariknya, dauroh ini diselenggarakan secara gratis dan terbuka untuk umum yakni ikhwan dan akhwat. 

Terdapat tiga sesi dauroh, mulai pagi hingga siang. Sekadar memberikan referensi, Ustad 

Untuk diketahui Ustad Harits merupakan alumni  LIPIA, dan sekaligus sebagai Mudir Ponpes Alwahyain Bogor. Termasuk menjadi pemateri regular atau rutin di Masjid Nurul Iman dan Masjid Nurulloh, Jakarta.

Meski terbuka untuk umum, namun agar efektif. Maka peserta dauroh akan ditutup jika sudah memenuhi kuota. "Alhamdulillah, untuk kuota akhwat sudah penuh dan pendaftaran sudah tutup.  Jadi masih ada slot untuk ikwan, ayo segera mendaftar," kata penggiat Darul Ilmi Vito Septiawan Ekawiyanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: