9 Cara Terbaik Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut Di Musim Kemarau.

9 Cara Terbaik Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut Di Musim Kemarau.

Ilustrasi Penglengkapan pencegahan Ispa--

RADARTV - Udara kering di musim kemarau, membuat kuman dan bakteri berbahaya mudah terbawa bersama debu. Ditambah lagi asap kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin meningkat. 

Hal ini menyebabkan kualitas udara semakin buruk. Dampaknya tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Terutama kesehatan saluran pernapasan dan paru-paru.

Di musim kemarau, salah satu kondisi yang sering dialami saluran pernapasan adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, berikut 9 cara untuk menjaga kesehatan dan mencegah dari terjangkitnya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) :

1. Biasakanlah menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Kebiasaan ini cukup efektif melindungi diri dari zat-zat yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan. 

Mengenakan masker sesuai standar kesehatan dapat membantu menyaring partike-partikel berbahaya yang terhirup bersama udara.

2. Jika anda bertemu orang dengan gejala ISPA, seperti batuk pilek atau influenza, jagalah jarak aman yang disarankan dan hindari kontak fisik langsung.

3. Debu dan kotoran dapat menempel pada kulit dan pakaian. Bersihkan tubuh dan pakaian. Mandi dan kenakanlah pakaian bersih setelah berpergian atau setelah anda beraktivitas, terutama aktivitas di luar rumah.

4. Jagalah kebersihan di dalam rumah dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Dengan rutin membersihkan kotoran dan debu dapat membantu menciptakan udara yang sehat.

5. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Air tidak hanya untuk menjaga hidrasi tubuh, tetapi juga membantu menjaga kelembaban saluran pernapasan. Minum minimal 2 liter air setiap hari, terutama dari pagi sampai sore. Hal ini dapat membantu melindungi lapisan lendir di dalam saluran pernapasan, agar tetap berfungsi dengan baik.

6. Biasakan berolahraga. Namun, sebaiknya di musim kemarau kurangi berolahraga di luar ruangan. Cobalah berolahraga di dalam ruangan, seperti di pusat kebugaran atau di dalam rumah.

7. Jika memungkinkan, gunakan pembersih udara (air purifier) dalam rumah anda. Alat ini dapat membantu menyaring udara dari partikel-partikel berbahaya dan menjaga kualitas udara.

8. Pastikan mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan bilas di air mengalir. Terutama setelah beraktivitas dan sebelum makan. Ini untuk menghindari berpindahnya kotoran, debu atau virus dari tangan ke dalam tubuh anda.

BACA JUGA: Waspada, 4 Penyakit Ini Kerap Muncul di Musim Pancaroba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: upk.kemkes.go.id