Mie Instan: Kenikmatan Sementara, Bahaya Kesehatan Selamanya

Mie Instan: Kenikmatan Sementara, Bahaya Kesehatan Selamanya

Ilustrasi Mie Instan-pinterest-

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM Mie instan merupakan makanan instan yang sangat digemari karena mudah dibuat dan harganya terjangkau. Namun konsumsi Mie instan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa dampak seringnya konsumsi Mie instan yang patut Anda perhatikan: 

1. Nilai gizi rendah

Mi instan umumnya memiliki nilai gizi yang rendah, terutama dari segi proteinnya rendah serat pangan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Meski mie instan bisa membuat Anda merasa kenyang, namun kandungan nutrisinya tidak cukup untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal.

 Seringnya konsumsi mie instan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B yang penting untuk metabolisme serta kesehatan otot hingga tulang. Kekurangan nutrisi ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti lemas, lesu, dan melemahnya kekebalan tubuh.

2. Tinggi Kandungan Natrium (Garam)

Salah satu bahan yang paling bermasalah dalam mie instan adalah kandungan natriumnya yang tinggi. Bumbu mie instan menggunakan natrium dan garam dalam jumlah besar untuk menambah rasa. Makan terlalu banyak natrium dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

 Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung, stroke, dan gangguan ginjal. Selain itu, kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan air tertahan di tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan serta rasa tidak nyaman.

3. Mengandung Bahan Pengawet dan Aditif (Bahan Tambahan Lain)

 Mie instan mengandung berbagai bahan tambahan seperti monosodium glutamat (MSG), pewarna, dan bahan pengawet untuk menjamin umur simpan dalam jangka panjang. MSG serta bahan-bahan tersebut aman dalam batas tertentu, namun menelan dalam jumlah banyak dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang.

 Misalnya saja, beberapa orang mengalami reaksi terhadap MSG, seperti sakit kepala, mual, dan alergi. Selain itu, paparan bahan kimia serta pengawet ini dalam jangka panjang dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda, meski dampaknya mungkin tidak langsung terlihat.

4. Gangguan Pencernaan

Rendahnya kandungan serat pada mie instan juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. Sistem pencernaan yang tidak mendapatkan cukup serat cenderung lebih sulit memproses makanan, sehingga mengakibatkan pergerakan usus menjadi lebih lambat.

 Beberapa bahan kimia dalam mie instan juga dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus sehingga menyebabkan kembung serta rasa tidak nyaman.

5. Peningkatan Risiko Berbagai Penyakit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: