Minum Air: Hal Biasa dengan Manfaat Luar Biasa

Minum Air: Hal Biasa dengan Manfaat Luar Biasa

Ilustrasi Minum Air-pinterest-

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Minum air putih memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Air merupakan komponen utama tubuh manusia, dan sekitar 60-70% tubuh terdiri dari air. Memenuhi kebutuhan air harian tubuh penting untuk menjaga fungsi fisiologis, menunjang metabolisme, dan mencegah berbagai penyakit.

 Beberapa manfaat utama minum air putih adalah: 

1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

 Hidrasi yang cukup sangat penting untuk berfungsinya tubuh. Air berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tubuh kehilangan air melalui keringat, urin, dan pernapasan.

 Jika anda tidak tetap terhidrasi, dehidrasi dapat menimbulkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi. Minum air secara rutin membantu tubuh tetap terhidrasi serta berfungsi optimal, terutama saat cuaca panas atau saat melakukan aktivitas fisik yang intens.

BACA JUGA:Zero Waste Lifestyle: Langkah Kecil, Dampak Besar

2. Mendukung Fungsi Organ Vital

 Semua organ dalam tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi secara optimal. Misalnya, ginjal sangat bergantung pada air untuk mengeluarkan racun dari darah melalui urin. Dehidrasi memberi tekanan pada ginjal dan meningkatkan risiko batu ginjal.

 Selain itu, air penting untuk fungsi jantung karena sebagian besar darah yang dipompa jantung terdiri dari air. Begitu pula dengan otak yang membutuhkan air agar komunikasi antar sel saraf dapat berfungsi dengan lancar.

3. Membantu Pencernaan

 Minum air putih yang cukup akan menjaga kelancaran sistem pencernaan. Air melarutkan serat dalam makanan, sehingga memudahkan tubuh anda mencerna dan menyerapnya. Kekurangan air membuat tinja menjadi keras serta sulit dikeluarkan sehingga menyebabkan sembelit. Minum air yang cukup mendukung pencernaan yang sehat, Sekaligus memperlancar buang air besar.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

 Hidrasi yang cukup penting untuk kesehatan otak. Bahkan dehidrasi ringan pun dapat memengaruhi fungsi kognitif seperti memori, perhatian, dan konsentrasi.

 Hidrasi yang cukup membantu menjaga otak tetap segar, mendukung pemikiran, serta menjaga keseimbangan emosional. Dalam jangka panjang, tetap terhidrasi dengan baik juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak terkait usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: