Zero Waste Lifestyle: Langkah Kecil, Dampak Besar

Zero Waste Lifestyle: Langkah Kecil, Dampak Besar

ilustrasi gaya hidup zero waste-plasteek-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Di era yang sudah modern ini, masalah tentang sampah telah menjadi salah satu tantangan lingkungan terbesar yang kita hadapi. Setiap hari, jutaan ton sampah dihasilkan di seluruh dunia, sampah-sampah tersebut kemudian mencemari tanah, air, dan udara kita. Namun, ada sebuah gerakan yang saat ini semakin populer sebagai solusi untuk mengurangi sampah yaitu gaya hidup zero waste. 

Meskipun terdengar ekstrem, menerapkan prinsip zero waste tidak harus dilakukan secara drastis. Tapi dapat dilakukan melalui langkah-langkah kecil yang konsisten dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai zero waste Lifestyle, bagaimana menerapkannya dan apa manfaatnya bagi lingkungan.

BACA JUGA:Mindful Living : Menjalani Hidup Penuh Kesadaran di Tengah Kesibukan

Apa Itu Zero Waste Lifestyle?

Zero waste lifestyle adalah sebuah gaya hidup yang memiliki tujuan untuk meminimalkan sampah yang kita hasilkan hingga mendekati nol. Konsep Zero waste lifestyle ini berfokus pada prinsip 5R yaitu Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan Rot (mengompos).

Mengapa Zero Waste Penting?

Setiap tahun, lebih dari 2 miliar ton sampah dihasilkan secara global, dan angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Dampak dari sampah-sampah yang tidak diolah dengan baik dan bahkan dibuang secara sembarangan itu sangat serius, seperti :

- Pencemaran lingkungan yang masif

- Kerusakan ekosistem laut dan darat

- Kontribusi terhadap perubahan iklim

- Ancaman terhadap kesehatan manusia dan hewan

Sehingganya penting untuk kita dapat mengelola sampah dengan bijak salah satuya adalah dengan meminimalkan sampah yang kita hasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: