Kupu-kupu Vs Mahasiswa Aktif : Mengenal Gaya Hidup Mahasiswa

Kupu-kupu Vs Mahasiswa Aktif : Mengenal Gaya Hidup Mahasiswa

Mahasiswa disalah satu PTS di Kota Metro-Panji Akbar Wardana-

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Mahasiswa dapat dibagi ke dalam kategori berbeda berdasarkan gaya hidup dan aktivitas di kampus mereka. Dua kategori yang sering dibicarakan adalah mahasiswa kupu-kupu (Kuliah pulang, Kuliah pulang) dan mahasiswa aktif yang mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan di luar kelas.

 Kedua kategori mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan dapat dipahami dari sudut pandang yang seimbang tanpa memihak satu sama lain.

1. Mahasiswa Kupu-Kupu 

a. Definisi

 Mahasiswa kupu-kupu adalah mahasiswa yang berkonsentrasi pada studinya serta jarang mengikuti kegiatan di luar perkuliahan. Biasanya mereka datang ke kampus hanya untuk belajar dan pulang tanpa mengikuti kegiatan organisasi atau kemasyarakatan di kampus.

BACA JUGA:Minum Air: Hal Biasa dengan Manfaat Luar Biasa

b. Kelebihan

• Fokus pada Akademik: Gangguan terhadap aktivitas lain akan berkurang, sehingga lebih mudah berkonsentrasi pada pelajaran dan tugas, sekaligus memberi lebih banyak waktu untuk belajar atau mempersiakan ujian.

• Fleksibilitas Waktu: Mahasiswa kupu- kupu sering kali memiliki lebih banyak waktu untuk kebutuhan non-akademik, seperti pekerjaan paruh waktu atau membantu keluarga.

• Mengurangi Tekanan Sosial: Tidak mengikuti organisasi di kampus mengurangi tekanan interaksi sosial yang terkadang dapat menimbulkan persaingan dan konflik.

c. Kekurangan

• Kurangnya Pengembangan Soft Skill: Mahasiswa kupu- kupu kurang memiliki keterampilan seperti kepemimpinan, manajemen waktu, serta keterampilan kolaborasi jika mereka tidak berpartisipasi dalam organisasi dan kegiatan di kampus. Hal ini membuat mereka kehilangan peluang untuk berkembang.

• Keterbatasan Jaringan: Mereka cenderung memiliki jaringan kecil di kampus, sehingga dapat membatasi peluang masa depan, terutama di dunia kerja.

2. Mahasiswa Aktif 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: