Rahasia Kebahagiaan: Menggali Hikmah dari Al-Qur'an dan Hadits

Rahasia Kebahagiaan: Menggali Hikmah dari Al-Qur'an dan Hadits

Foto seseorang yang sedang mengambil al-qur'an dari dalam rak-Pixabay-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Dalam pencarian sebuah kebahagiaan yang sejati, umat Islam memiliki panduan yang tak ternilai harganya yakni Al-Qur'an dan Hadits. Kedua sumber ini menawarkan kebijaksanaan abadi yang dapat membantu kita untuk menemukan kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat. Berikut ini adalah hikmah-hikmah yang dapat digali dalam Al-Qur’an dan Hadits yang menjadi rahasia kebahagiaan dunia dan akhirat.

1. Keimanan sebagai Fondasi Kebahagiaan

Al-Qur'an menegaskan bahwa keimanan adalah kunci utama kebahagiaan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 97 :

BACA JUGA:Memaknai Ujian Hidup: Hikmah di Balik Musibah dalam Pandangan Islam

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

" Siapa yang mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, sedangkan dia seorang mukmin, sungguh, Kami pasti akan berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan." (An-Nahl: 97)

Ayat ini menunjukkan bahwa kombinasi keimanan dan amal saleh akan menghasilkan kehidupan yang baik (hayatan thayyibah), yang merupakan esensi dari kebahagiaan sejati.

2. Qana'ah: Kunci Kepuasan Hati

Nabi Muhammad SAW mengajarkan pentingnya qana'ah atau sikap merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Hijrah: Perjalanan Spiritual Menuju Pribadi yang Lebih Baik

“Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberikan rezeki yang cukup, dan dia merasa puas dengan apa yang Allah berikan kepadanya.” (HR. Muslim no. 1654)

Sikap qana’ah ini membebaskan kita dari belenggu materialisme dan membuka pintu kebahagiaan yang hakiki.

3. Syukur: Melipatgandakan Nikmat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: