Memaknai Ujian Hidup: Hikmah di Balik Musibah dalam Pandangan Islam

Memaknai Ujian Hidup: Hikmah di Balik Musibah dalam Pandangan Islam

Foto tangan yang tengah menengadah untuk berdoa-Pixabay-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM - Dalam perjalanan hidup, setiap manusia pasti akan menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Islam sendiri memandang ujian hidup itu sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan seorang mukmin. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-‘Ankabut ayat 2 :

اَحَسِبَ النَّاسُ اَنْ يُّتْرَكُوْٓا اَنْ يَّقُوْلُوْٓا اٰمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُوْنَ

" Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan (hanya dengan) berkata, “Kami telah beriman,” sedangkan mereka tidak diuji?" (QS. Al-'Ankabut: 2)

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa setiap orang yang mengaku beriman kepada Allah SWT pasti akan diuji. Bentuk dari ujian tersebut dapat berupa kesenangan maupun kesulitan, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah:

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةًۗ وَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

" Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian. Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Kepada Kamilah kamu akan dikembalikan." (QS. Al-Anbiya: 35)

BACA JUGA:Menemukan Kebahagiaan Melalui Rasa Syukur Setiap Hari

Meskipun terkadang terasa berat, ujian hidup juga memiliki banyak hikmah yang dapat dipetik yaitu antaralain :

1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Ujian dapat mendekatkan seorang hamba kepada Tuhannya. Dalam keadaan sulit, seseorang cenderung lebih banyak berdoa dan mengingat Allah. Hal ini sejalan dengan hadits Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barangsiapa siapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka.” (HR. Ibnu Majah no. 4031).

2. Menghapus dosa

Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: