7 Tips Menghindari Mata Lelah Saat Bekerja di Depan Laptop, Nomor 4 Sering Terlupakan

7 Tips Menghindari Mata Lelah Saat Bekerja di Depan Laptop, Nomor 4 Sering Terlupakan

FOTO ILUSTRASI-freepick-

RADARTV - Dampak mata lelah terjadi seiring kemajuan teknologi, komputer dan telepon seluler kini saling terkait erat dalam setiap aktivitas. Saat ini, ketika bekerja di kantor, seseorang bisa menghabiskan waktu 8- 9 jam sehari di depan layar komputer (PC), laptop atau gadget.

Bahkan, saat istirahat juga digunakan untuk bermain smartphone. Menatap perangkat dan komputer memberikan banyak tekanan pada mata. Pada dasarnya, jika terus fokus pada objek yang sama dan menatap ke  arah yang sama dari jarak yang sama, otot mata bisa terkena dampak buruk dan penglihatan Anda bisa terganggu.

 Kedipan mata akan berkurang saat menghabiskan waktu di depan komputer. Padahal dalam kondisi normal,  mata harus berkedip sebanyak 18 kali per menit. Saat bekerja menggunakan laptop atau ponsel, kedipan akan berkurang setengahnya atau bahkan  lebih sedikit. Kondisi ini menyebabkan mata terasa nyeri, kering, hangat, dan  gatal. Tak jarang orang memijat tangan untuk menghilangkan rasa penat meski hanya sesaat.

Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti glaukoma, infeksi mata, dan kebutaan. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan rutin atau menjaga gaya hidup sehat. Lalu bagaimana caranya agar mata tetap sehat meskipun banyak bekerja di depan komputer? Simak beberapa tips berikut!

1. Gunakan Kacamata Anti-Radiasi

Pengguna komputer disarankan untuk memakai kacamata tahan radiasi untuk melihat layar, seperti yang direkomendasikan oleh American Optometric Association (AOA) Sebab, cahaya dari layar mengandung radiasi yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Oleh karena itu, orang yang sudah berkacamata sebaiknya memeriksa ulang apakah kacamatanya memiliki proteksi radiasi. Jika tidak menggunakan kacamata dalam keseharian, Anda bisa memakai kacamata anti radiasi saat bekerja di depan komputer.

2. Gunakan Dark Mode

Pengaturan dark mode atau mode gelap bisa ditemukan hampir di semua gadget, baik komputer, laptop, maupun smartphone. Menurut Profesor Chris Lohmann, setelan ini membuat mata lebih nyaman. Namun hal ini tidak menyelesaikan masalah  mata kering dan mata lelah akibat jarang berkedip.

3. Menyesuaikan/ Mengubah Posisi Badan 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang berkaitan dengan perangkat/komputer dan posisi tubuh. Mulai dari pencahayaan, posisi monitor, posisi kursi, hingga waktu istirahat. Posisi duduk sebaiknya senyaman mungkin, dengan  kaki menapak di lantai dan ketinggian kursi diatur agar badan tegak. Saat meletakkan layar komputer, posisi layar komputer disarankan 15 - 20 derajat di bawah mata Anda, atau kira-kira 10- 13 cm  dari tengah layar dan 50- 70 cm dari mata Anda.

4. Mengistirahatkan Mata

Istirahatkan mata jika Anda bekerja atau membaca di depan komputer  dalam  waktu  lama, lihat ke kejauhan dan istirahatlah secara teratur. Setelah menatap layar komputer selama lebih dari 2 jam berturut-turut, istirahatkan mata Anda selama 15 menit. Setiap 20 menit, coba alihkan pandangan dari layar selama 20 detik untuk memfokuskan kembali mata Anda. Sering berkedip juga dianjurkan dengan tujuan untuk menjaga kelembaban permukaan bola mata. 

5. Makan Makanan Sehat  untuk Kesehatan Mata 

Pilihlah buah dan sayur yang dapat melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan miopia. Berikut berbagai sayuran dan buah-buahan yang bisa melindungi kesehatan mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: