Puasa Ramadan, Jangan Sampai Malas Gerak, Ini Olahraga yang Tepat

Puasa Ramadan, Jangan Sampai Malas Gerak, Ini Olahraga yang Tepat

TETAP BUGAR-freepiks-

RADARTV - Puasa di bulan Ramadan bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Menjaga kondisi kesehatan tubuh saat berpuasa di bulan ramadhan merupakan salah satu hal yang sangat penting, terutama untuk memastikan agar tubuh tetap fit dan energi terjaga sepanjang hari saat berpuasa.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa berolahraga saat puasa merupakan sesuatu yang melelahkan dan membuang banyak energi. Padahal berolahraga saat berpuasa menjadi salah satu hal yang penting agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut beberapa rekomendasi olahraga agar tubuh tetap sehat yang cocok dilakukan saat puasa tanpa menguras banyak energi.

1. Jalan Kaki 

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jalan kaki ringan dapat dilakukan setelah sahur atau sebelum berbuka sambil menunggu waktu berbuka tiba. Jalan kaki dapat menjadi pilihan juga sebagai ngabuburit sehat saat mencari makanan atau minuman untuk berbuka. Jalan kaki juga olahraga yang ringan sehingga tidak rentan menyebabkan dehidrasi akibat keringat yang mengucur, sehingga sangat cocok dilakukan walaupun sedang berpuasa.

2. Yoga 

Yoga merupakan pilihan olahraga yang baik dan cocok untuk menjaga kelenturan dan kekuatan tubuh. Olahraga ini menjadi olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa karena ringan dengan gerakan yang fokus pada teknik pernapasan berguna untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks. Selain itu, yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga sangat cocok dilakukan saat berpuasa.

3. Stretching

Stretching dapat disebut juga peregangan otot merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat dan, sehat. Olahraga ini cocok untuk dilakukan saat puasa karena gerakannya yang mudah dan dapat dilakukan tanpa menguras banyak tenaga. Dengan stretching ringan dapat membantu peredaran darah agar lebih lancar dan sendi pada tubuh menjadi lebih kuat serta sehat. 

4. Pilates

Pilates menjadi salah satu pilihan olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa. Pilates adalah latihan fisik dengan intensitas yang ringan yang fokus pada rehabilitasi dan peningkatan kekuatan tubuh.  Olahraga ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan fleksibilitas pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih lentur atau mudah bergerak sehingga dapat menurunkan resiko cedera pada tubuh saat beraktivitas. 

5. Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga yang paling banyak dilakukan dan menjadi pilihan saat berpuasa. Bersepeda dapat melancarkan aliran darah sekaligus mengencangkan otot yang lemas. Bersepeda santai menjadi pilihan olahraga yang sangat cocok saat puasa, sambil ngabuburit bersama keluarga mengelilingi jalanan sekitar rumah. 

Itulah beberapa olahraga yang cocok untuk dilakukan saat puasa, tetap perhatikan kondisi tubuh saat melakukan olahraga tersebut dan jangan terlalu memforsir diri saat berolahraga agar tidak terlalu menguras banyak energi dan malah menimbulkan cedera. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: