Hindari Hal yang Tak Diinginkan: Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran 2024

Hindari Hal yang Tak Diinginkan: Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran 2024

Saat mudik, pilihlah tas atau koper berukuran sesuai dengan kebutuhan dan efektif serta mudah dibawa.-Freepik-

RADARTV- Tradisi mudik memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri. Para perantau akan pulang ke kampung halaman mereka untuk berkumpul dengan keluarga tercinta. Inilah momen yang penuh kehangatan, kebersamaan, dan juga untuk menjaga silaturahmi dengan orang-orang dan keluarga besar dikampung halaman.

Bagi banyak orang, mudik bukan hanya sekedar tradisi, namun juga merupakan momen berharga yang dinantikan setiap tahunnya. Menurut beberapa literasi, tradisi mudik khususnya bagi umat Islam memang hanya ada di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 tentu jadi momen ini yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain untuk merayakan akhir bulan suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan tradisi mudik atau pulang kampung.

Sebelum memulai perjalanan mudik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mudik aman tenang dan nyaman di lebaran 2024 bersama keluarga.

Berikut tips aman tinggalkan rumah saat mudik lebaran 2024:

  • Bayarlah tagihan dan isi token listrik terlebih dahulu, agar saat rumah ditinggalkan listrik tetap menyala, tidak padam.
  • Cek dan pastikan mencabut kabel saluran listrik dari peralatan elektronik yang tidak digunakan. Cabut dari colokan listrik agar aman dari kemungkinan korsleting.
  • Periksa dan pastikan kompor telah dimatikan. Jangan lupa cabut selang dari tabung gas dan cek jika ada kebocoran.
  • Pastikan juga seluruh kran saluran air di rumah telah ditutup tak mengalir.
  • Beri penerangan rumah secukupnya. Nyalakan lampu di teras, belakang dan bagian tengah di dalam rumah. Ini supaya situasi tetap dapat terpantau. Apalagi bagi rumah yang sudah menggunakan kamera pengawas CCTV.
  • Pamit kepada tetangga yang tidak mudik dan titipkan kepada mereka. Sebaiknya juga lapor kepada RT atau pamong setempat jika kita mudik, meninggalkan rumah dalam keadaan tanpa penghuni. Ini sebagai upaya agar rumah kita tetap terpantau keadaannya dan tetap aman.

BACA JUGA: Terkesan Sepele tapi Bermanfaat, Ini Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024 Bersama Keluarga

Selain tips aman tinggalkan rumah saat Idul Fitri 1445 Hijriah di atas, ada juga sejumlah hal yang mesti dihindari ketika mudik lebaran 2024.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Mudik Lebaran 2024:

  • Hindari memaksakan diri untuk mengendarai kendaraan jika lelah atau mengantuk. Istirahatlah sejenak ditempat yang aman.
  • Ingat, sebelum dan saat mengemudi, jangan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk.
  • Jangan sembarangan menerima  makanan atau minuman dari orang yang tak dikenal.
  • Jika ingin buang air kecil atau besar jangan disembarang tempat. Menepilah dan cari tempat yang semestinya.
  • Jangan bermain handphone atau gadget saat mengendarai kendaraan.
  • Taati rambu dan marka jalan. Patuhi aturan lalu lintas. Jangan sungkan bertanya kepada petugas terkait arah perjalanan dan hal lainya menyangkut keamanan mudik.
  • Jangan abaikan protokol kesehatan yang sedang berlaku.

Semoga tips mudik Lebaran 2024 diatas dapat membantu perjalanan mudik aman, nyaman dan lancar serta selamat sampai tujuan. Tentunya untuk berlebaran dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga di kampung halaman. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri. (*)

BACA JUGA: Pemudik Harus Waspada 6 Titik Rawan Lakalantas dan 32 Titik Kemacetan di Lampung, Ini Daftarnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: