Terkesan Sepele tapi Bermanfaat, Ini Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024 Bersama Keluarga

Terkesan Sepele tapi Bermanfaat, Ini Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024 Bersama Keluarga

Ilustrasi. Persiapan mudik yang matang dapat membuat mudik lebaran 2024 menjadi aman, tenang dan nyaman.-Freepik-

RADARTV- Sepekan lagi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah segera tiba. Jika menurut penanggalan Masehi, lebaran tahun ini akan jatuh pada hari Rabu dan Kamis. Tepatnya tanggal 10 dan 11 April 2024. Selain bulan Ramadhan, hari raya umat Islam ini tentunya akan didahului dengan tradisi mudik atau pulang kampung ke daerah asal.

Mudik adalah tradisi tahunan yang  dilakukan para perantau, kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Berlebaran bersama orang tua dan sanak saudara tercinta di daerah asal mereka.

Momen mudik bukan hanya tentang kebiasaan yang menjadi tradisi. Namun juga tentang menjaga silaturahmi, kehangatan dan kebersamaan bersama orang-orang dan keluarga besar tercinta.

Tradisi pulang kampung atau mudik adalah salah satu momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Menurut beberapa literasi, kebiasaan ini hanya ada dibeberapa negara, termasuk umat Islam di Indonesia.

Biasanya para pemudik akan mulai melakukan perjalanan mudik dari 10 atau 7 hari sebelum hari raya tiba. Namun, tak jarang ada juga yang berangkat pulang kampung ke daerah asal tepat di hari lebaran. Terutama bagi mereka yang kampung halamannya tidak terlalu jauh dari daerah tempat ia merantau.

Namun sebelum mudik, sebaiknya lakukan beberapa persiapan. Ada beberapa kiat atau tips persiapan mudik Lebaran 2024 bersama keluarga agar saat melakukannya tetap aman, tenang dan nyaman.

BACA JUGA: Hindari Hal yang Tak Diinginkan: Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran 2024

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024 Bersama Keluarga

  • Pastikan rumah yang akan ditinggal mudik benar-benar aman dari korsleting listrik, kebakaran hingga tindak pencurian.
  • Jaga kesehatan dan siapkan kebugaran diri dan keluarga.
  • Mudik tentu butuh biaya. Siapkan hal tersebut untuk kebutuhan perjalanan. Atur pengeluaran, termasuk alokasi dana saat di kampung halaman dan saat balik ke tempat perantauan.
  • Agar mempermudah, buatlah daftar barang bawaan untuk  memastikan barang yang akan dibawa tak ada yang tertinggal.
  • Pilihlah tas atau koper berukuran sesuai dengan kebutuhan dan efektif serta mudah dibawa.
  • Kemas dan susun barang dengan rapi dan teliti. Sebaiknya bawa barang-barang yang benar-benar diperlukan yang akan digunakan agar praktis di perjalanan.
  • Penting untuk menyiapkan bekal yang cukup untuk dan selama perjalanan mudik termasuk obat-obatan yang dibutuhkan dan kotak P3K.
  • Tak ada salahnya untuk menyiapkan juga tas belanja atau kantong kresek untuk berjaga-jaga jika diperlukan saat diperjalanan mudik.
  • Bila mudik menggunakan alat transportasi umum, upayakan tiket sudah siap. Sebaiknya, jika memungkinkan lebih baik bila telah membeli tiket balik untuk kembali ke daerah perantauan.
  • Jika menggunakan mobil atau motor pribadi, lakukan servis terlebih dahulu. Cek kendaraan, mulai dari kondisi mesin, rem hingga spare part atau  komponen lainnya.

Semoga perjalanan mudik kita tahun ini lancar dan selamat, serta momen bersama keluarga di kampung halaman menjadi kenangan yang indah. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri. (*)

BACA JUGA: Pemudik Harus Waspada 6 Titik Rawan Lakalantas dan 32 Titik Kemacetan di Lampung, Ini Daftarnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: