Tiga Tempat di Lampung Jadi Lokasi Pantau Hilal Awal Ramadan 1445 Hijriah

Tiga Tempat di Lampung Jadi Lokasi Pantau Hilal Awal Ramadan 1445 Hijriah

FOTO ILUSTRASI-freepix-

RADARTV – Tiga tempat di Provinsi Lampung ditetapkan menjadi lokasi pantau hilal atau rukyatul hilal awal Ramadan 1445 Hijriah.

Total ada 134 lokasi di Indonesia, membentang dari Aceh hingga Papua Barat dijadikan lokasi untuk memantau kemunculan bulan baru. 

Ketiga lokasi tersebut berada di Kampus Institut Teknologi Sumatra (Itera), Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Pos Bukit Gelumpai Pantai Canti, Kalianda, Lampung Selatan dan Pantai Labuhan Jukung, Krui, di Kabupaten Pesisir Barat.

Kegiatan pemantauan hilal digelar Ahad 10 Maret 2024 atau bertepatan 29 Syakban 1445 Hijriah. Dari laman resmi Kementerian Agama, sidang isbat akan dilakukan secara hybrid atau offline dan online. 

Sidang isbat melibatkan Rukyat Kementerian Agama, tim hisab, perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan instansi terkait lainnya.

Sidang isbat penentuan awal Ramadan 1445 Hijriah dilaksanakan dengan mempertimbangkan informasi awal yang didasarkan pada hasil perhitungan secara astronomis atau hisab. Hasil yang disampaikan kepada publik menunggu konfirmasi lapangan melalui pemantauan hilal.

Menurut Kemenag, pada saat rukyatul hilal 29 Syakban 1445 Hijriah, tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -0°20' 1,2" sampai 0°52' 5,4". Sementara sudut elongasi antara 2°14' 46,8" sampai 2°41' 50,4".

Berikut 134 titik lokasi pemantauan hilal awal Ramadan 2024 di Indonesia : 

1. Aceh 

Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang Lhoknga

Tugu 0 Km Kota Sabang

Bukit Blang Tiron Lhokseumawe

Pantai Lhok Geulumpang

Pob Suak Geudeubang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: