Perkim Klaim Capaian Pajak Bumi dan Bangunan Sudah 40% dari Target

Perkim Klaim Capaian Pajak Bumi dan Bangunan Sudah 40% dari Target

Capaian pendapatan dari sektor PBB tahun 2024 sudah mencapai 40% dari target awal-citralandbandarlampung.com-

RADAR TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) menyebut capaian pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2024 sudah mencapai 40% dari target awal.

"Untuk Pemerintah Kota Bandar terkait pendapatan di sektor PBB tahun 2024 capaiannya kurang lebih 40% atau kurang lebih diangka Rp40 miliar dari target Rp90 miliar, kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bandarlampung Yusnadi Ferianto, Senin, 5 Agustus 2024.

Yusnadi menjelaskan, capaian sektor PBB baru diangka 40% lantaran surat pembayaran yang diberikan Pemkot sendiri baru berlangsung beberapa bulan belakangan ini.

"Karena kita pembagian SPPTnya baru di bulan Mei jadi masyarakat baru terima, sehingga masyarakat juga baru terima," ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya memprediksikan jika upaya penagihan pembayaran PBB tersebut akan mencapai target pada bulan Oktober mendatang.

"Mudah-mudahan di bulan Oktober Insya Allah bisa tercapai 100%, karena ini baru dua bulan masyarakat juga batas waktunya di Agustus dan September ini," ujarnya.

Selain memberikan SPPT, pihaknya juga mengaku berkoordinasi dengan para lurah dan camat terkait dalam upaya penagihan PBB tersebut.

"Kita minta bantu camat dan lurah, kebetulan kita juga sudah bersurat kepada mereka untuk penagihannya lalu di bulan September mendatang kita bakal buka loket-loket pembayarannya melalui camat dan lurah," imbuhnya.

Terkait wajib pajak bandel, Yusnadi menyebut pihaknya belum mendapatkan data tersebut lantaran masa berlaku pembayaran masih ada dan baru bisa terlihat pada bulan November mendatang.

"Sejauh ini belum liat ya, karena batas waktunya belum habis, bisa kita lihat di bulan November,"kata Yusnadi.

Meski begitu, kata dia jika dibandingkan dengan tahun lalu pertumbuhan pada tahun ini di sektor PBB mengalami kenaikan beberapa persen.

"Pertumbuhannya 5-7%, sama dengan PAD keseluruhan karena PBB kan masuk didalamnya" tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: