Masa Jabatan Gubernur Arinal Berakhir Dalam 2 x 24 Jam, Penentuan Pj. Gubernur Lampung Alot

Masa Jabatan Gubernur Arinal Berakhir Dalam 2 x 24 Jam, Penentuan Pj. Gubernur Lampung Alot

SOSOK KUAT : Dua sosok yang dikabarkan siap menjadi Pj Gubernur Lampung.-kolase radar tv-

RADARTV – Masa jabatan Gubernur Arinal Djunaidi tinggal menghitung jam. Kurang dari 2 x24 jam, masa jabatan Gubernur Lampung periode 2019 – 2024 ini akan segera usai. 

Namun, dalam hitungan beberapa jam ke depan, belum ada tanda – tanda siapa yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo.  Saat ini, berkas pengajuan sudah ada di meja Presiden Jokowi.  

Informasi yang berkembang ada 2 nama calon kuat jadi Pj. Gubernur Lampung. Nama pertama merupakan sosok yang masuk tiga nama yang diajukan DPRD Lampung. 

Satu nama lain muncul last minute, dan langsung masuk menjadi kandidat kuat. Nama ini disebut tak pernah diajukan oleh dewan. 

Wakil Ketua III DPRD Provinsi Lampung Yozi Rizal membenarkan jika saat ini ada dua nama yang memang tengah ramai diperbincangkan.

Mereka adalah Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto dan Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin

Adapun, nama Lucky Agung Binarto sendiri muncul di detik-detik terakhir, menjelang berakhirnya masa jabatan Arinal Djunaidi yang akan selesai Rabu 12 Juni 2024 lusa. 

"Belum dapat info siapa (Pj Gubernur, red) tapi muncul dua nama, yaitu Lucky dan Samsudin. Tapi tidak tau darimana, apakah bisa dipertanggung jawabkan atau tidak," ujar Yozi Rizal di DPRD Lampung, Senin 10 Juni 2024.

Yozi Rizal juga menyampaikan dari informasi tersebut Presiden RI Joko Widodo tengah bingung untuk menentukan Pj Gubernur Lampung.

"Dibalik info itu ada info tambahan. Dia bilang ini diantara dua persimpangan. Presiden lagi bingung yang mana," ucapnya.

Kenapa bingung. ”Sebab, satu (nama) rekomendasi kawan se-kasur  dan satu rekomendasi lainnya dari kawan se-koalisi kira-kira gitu," sambungnya.

Lanjut anggota DPRD Lampung yang kembali terpilih ini menyampaikan, pada 31 Mei 2024, DPRD telah berkunjung ke Kemendagri bertemu Irjen Kemendagri Tomsi Tohir.

"Tanggal 31 Mei kita ke Kemendagri, jadi pak Tomsi sebagai Irjen belum bisa memberikan bocoran karena, Selasa 4 Juni lalu baru akan di bahas. Setelah itu kita tidak ada komunikasi lagi," ungkapnya.

Yozi menyampaikan jika muncul juga informasi bahwa sudah ada calon Pj Gubernur Lampung yang telah mempersiapkan pakaian untuk pelantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: