Penjualan Genset Seperti Beli Kacang, Tanpa Tawar Langsung Bayar

Penjualan Genset Seperti Beli Kacang, Tanpa Tawar Langsung Bayar

LARIS : Penjualan di salah satu toko genset di Bandar Lampung.-Gadis Futhihatu Rahma-

RADARTV - Dampak pemadaman listrik di Provinsi Lampung mulai belasan hingga 24 jam lebih telah memicu tingginya transaksi penjualan generator set atau genset.

Genset merupakan sebuah alat alternatif untuk menghasilkan daya listrik ketika pasokan listrik dari pembangkit listrik umum padam atau saat dibutuhkan tambahan pasokan listrik karena kebutuhan atau di wilayah tertentu. 

Proses pemadaman aliran listrik di Provinsi Lampung, sebagai dampak perbaikan gangguan pada transmisi saluran udara tegangan tinggi atau SUTT 275 kilo volt (KV) jalur Lubuk Linggau – Lahat Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) telah memasuki hari kedua.

Selain Provinsi Lampung, pemadaman listrik juga berimbas di seluruh provinsi di kawasan Sumatra Bagian Selatan (Sumbagel).

Termasuk terjadi di Sumatra Selatan (Sumsel), Bengkulu dan Jambi. Bahkan gangguan meski tak signifikan telah terjadi di Riau dan Padang. 

Sejumlah daerah sudah ada yang mulai teraliri aliran listrik. Namun banyak pula yang sudah melampaui 1x24 jam lebih.

Bayangkan betapa kerepotan terjadi di rumah tangga. Bagi mereka yang selama ini hanya mengandalkan tenaga listrik. 

BACA JUGA: Pemadaman Listrik Lebih dari 9 Jam, Aktivitas Warga Terganggu, Ini Kata PLN!

Mulai dari pompa air yang tak menyala hingga menyebabkan putusnya pasokan air bersih. Kebutuhan air bersih ini sangat vital karena untuk memenuhi urusan MCK (mandi, cuci, dan kakus). 

”Lampu mati, PAM juga melok mati. Hancur mina, nak cebok banyu dak metu cakmano nian gawe niii. (Lampu mati, PDAM juga ikut mati. Hancurlah ini, mau cebok air tidak keluar. Bagaimana ini mau kerja),” kata seorang netizen.

Berhentinya aktivitas memasak nasi, karena selama ini terbiasa memasak menggunakan magic com atau magic jar. 

Mereka inilah generasi instan. Sedari pagi, setiap kedai nasi uduk langsung habis diserbu.

Belum lagi pemilik usaha yang mutlak menggunakan tenaga listrik sebagai bahan baku. Sebutlah pengusaha frozen food, laundry, usaha foto kopi, barber shop, rental computer, layanan penjualan online, ojek online, penjualan ikan hias dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: