Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pesisir Barat Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pesisir Barat Gotong Royong Perbaiki Jembatan

DIPERBAIKI : Warga gotong royong perbaiki jembatan.-Yayan Prantoso-

RADARTV — Tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar). Warga Pekon Bumi Ratu, Kecamatan Ngambur, Pesbar, kembali menggelar gotong royong memperbaiki jembatan, Jumat 3 Mei 2024. 

Secara bersama – sama, secara swadaya, masyarakat sedari pagi, memperbaiki kondisi jembatan penghubung Pekon Bumi Ratu dengan Pekon Ulok Mukti, yang hingga kini tidak pernah tersentuh pembagunan oleh pemerintah kabupaten setempat.

Peratin Bumi Ratu, Zaini Firdaus, mengatakan, kondisi jembatan Siring Aji di jalan poros penghubung Pekon Bumi Ratu - Ulok Mukti itu sudah mengalami rusak parah, dan membahayakan pengguna jalan yang melintas. 

Sehingga, jika tidak segera diperbaiki dikhawatirkan berdampak terhadap masyarakat.

“Kalau mau menunggu perbaikan dari Pemkab Pesbar tida bisa dipastikan. Karena sebelumnya sudah pernah kita gajukan rencana untuk perbaikan jembatan itu, tapi sampai sekarang belum ditangani oleh pemerintah,” katanya.

Gotong royong tenaga dan pembiayaan secara swadaya ini seharusnya menjadi tamparan keras bagi Dinas Pekerjaan Umum dan seluruh wakil rakyat.

Terutama anggota DPRD Pesbar dari daerah pemilihan Ngambur, DPRD Provinisi, DPR dan DPD RI dari dapil Pesbar dan Lampung. 

Khususnya kepala daerah yang kini menjabat dan pernah menjanjikan perbaikan insfrastuktur merata. ”Malulah, kepala daerah, anggota dewan mulai DPRD Pesbar sampai DPR RI dan DPD RI. Dulu minta suara, sekarang lupa,” kata salah satu warga.

Bupati dan Dinas PU Pesbar semestinya memiliki skala prioritas pembangunan. Jangan sampai infrastuktur yang sudah sangat rusak parah ini dibiarkan begitu saja. 

Seolah mereka punya mata tapi tak bisa melihat, dan punya telinga tak mampu mendengar. ”Nah ini, sebentar lagi pilkada. Jangan minta – minta suara lagi kidah,” urai warga setempat.

Dijelaskannya, jembatan itu berada di ruas jalan kabupaten, sehingga menjadi kewenangan Pemkab Pesbar untuk memperbaiki. 

Dengan tidak kujung dilakukan perbaikan oleh Pemkab itu, maka masyarakat setempat berinisiatif untuk bergotongroyong bersama guna memperbaiki lantai jembatan secara swadaya.

“Kedepan kita berharap hal ini menjadi perhatian, dan segera ditangani oleh pemerintah. Mengingat masyarakat sangat berharap pemkab memperbaiki jembatan ini,” jelasnya.

Ditambahkan, masyarakat di Pekon Bumi Ratu dan Pekon lain di wilayah itu sangat berharap kepada Pemkab setempat untuk membangun ruas jalan poros penghubung dua Pekon itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: