Expander Seruduk Karimun Hingga Masuk Sungai Kecil di Pringsewu Lampung, Ini Sebabnya!

Expander Seruduk Karimun Hingga Masuk Sungai Kecil di Pringsewu Lampung, Ini Sebabnya!

TERPEROSOK : Mobil Suzuki Karimiun terperosok dalam sungai sedalam 2 meter di Jalinbar.-Agus Suwignyo-

RADARTV – Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Barat (jalinbar) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Sabtu 30 Maret 2024, sekira pukul 08.30 WIB. 

Mobil Mitshubishi Expander BE 1490 QB melaju dengan kecepatan sedang dari arah Bandar Lampung tujuan Pagelaran, Pringsewu, tiba – tiba menabrak Suzuki Karimun BE 1728 ANC yang melaju dari Pagelaran menuju Bandar Lampung.

Tidak ada korban jiwa dalam perristiwa ini. Penumpang hanya mengalami luka ringan dan sempat shock. Para penumpang sempat dibawa ke RS Wisma Rini dan diperbolehkan pulang.

Peristiwa yang terjadi di depan Rumah Makan Puti Minang, Pringsewu menyebabkan mobil Karimun yang berisi empat penumpang terdorong dan masuk ke dalam airan sungai sedalam 2 meter lebih. 

Diduga penyebab kecelakaan ini karena sopir Expander Ariyanto, 85 tahun mengalami microsleep atau tidur sesaat. Kondisi ini kerap terjadi saat sopir mengalami keletihan, berujung tidur sesaat saat mengendarai mobil.

Kondisi ini dikarenakan Ariyanto bersama sang istri Erni Munifaroh 83 tahun dua anggota keluarga yang lain sedang dalam perjalanan cukup jauh. Dari Tulang Bawang hendak melakukan penjemputan santri akhwat di Pondok Pesantren Al Hidayah, Pagelaran.

Tiba di lokasi kejadian, Karimun yang diawaki oleh Nopilianto berusi 47 bersama istri dan dua anaknya baru saja melakukan penjemputan santri ikhwan di ponpes yang sama. 

Nopi menuturkan dirinya kaget saat melihat Expander tiba – tiba melaju ke arah kanan melampaui garis kuning terputus di tengah jalan. Dia menyangka Expander hendak berbelok namun tak menyalakan lampu sign. 

Nopi hanya bisa pasrah dan mengerem mobilnya. Lantas bagian kanan Expander menghamtam bagian tengah, hingga mobil terdorong masuk sungai. 

Peristiwa ini mampu menarik perhatian warga. Apalagi saat proses evakuasi mobil dari sungai kecil itu.

 “Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, dua penumpang Karimun mengalam luka ringan dan pengemudi Expander mengalami sesak dada karena terbentir stir,” kata Kasat Lantas Pringsewu AKP Khoirul Bahri mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya. 

Dari penyelidikan, kecelakaan lalu lintas tersebut diduga karena kelalaian pegemudi Mitsubishi Expander. “Pengemudi Mitsubhisi Expander mengaku mengantuk sehingga terjadi tidur singkat (microsleep) yang menyebabkan laju mobil yang dikemudikanya tidak terkendali lalu menabrak mobil yang melaju dari arah berlawanan,” jelas AKP Khoirul.

Sementara itu untuk kedua  kendaraan yang terlibat kecelakaan telah di evakuasi . Selanjutnya di amankan  kekantor unit gakkum Satlantas Polres Pringsewu. 

Adapun kedu kendaraan rusak di bagian depan. Mobil Suzuki Karimun  ringsek dibagian depan sebelah kanan dan beberapa  bagian lainnya. Untuk  mobil  Expander juga ringsek di bagain depan sebelah kanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: