Jelang Ramadan, Beberapa Makanan yang Cocok Dikonsumsi Agar Tubuh Siap Menjalani Puasa

Jelang Ramadan, Beberapa Makanan yang Cocok Dikonsumsi Agar Tubuh Siap Menjalani Puasa

PUASA-istock - ferlistockfphoto-

RADARTV - Bulan suci Ramadan 1445 Hijriah sebentar lagi tiba. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia. Bulan penuh rahmat dan penuh berkah, dimana kita semua sebagai umat muslim menjalankan ibadah puasa.

Menahan lapar, haus dan hawa nafsu yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari merupakan hakikat dari puasa. Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim untuk dijalankan, maka dari itu kita sebagai umat muslim kita harus mempersiapkan diri agar tubuh kita siap dan mampu menajalankan puasa selama sebulan penuh.

Makanan yang kita konsumsi harus terjaga agar tubuh tidak mudah sakit dan sehat sebelum memasuki puasa Ramadhan agar kita bisa fokus dan lancar dalam menjalankan puasa. Berikut beberapa makanan yang cocok dikonsumsi agar tubuh siap menjalankan puasa di bulan Ramadhan

1. Serat 

Makanan yang mengandung banyak serat sangat cocok bagi tubuh agar siap menjalankan puasa. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, serat dapat memelihara mikroba baik di dalam usus yang akan memecah serat menjadi asam yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan beragam penyakit.

Serat didapakan dari berbagai macam buah dan sayuran, seperti buah apel, pir dan alpukat, sayuran brokoli, wortel dan kacang-kacangan. Serat juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti oatmeal dan beras merah. 

2. Protein 

Protein penting bagi tubuh, karena protein merupakan sumber energi dan pembawa oksigen ke seluruh tubuh dalam darah serta membantu membuat antibodi yang dapat melawan infeksi dan penyakit, sehingga sel tetap sehat dan membuat sel baru. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein maka tubuh menjadi kuat dan berenergi sehingga mampu untuk menjalankan puasa dengan lancar. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi yaitu daging dada ayam, daging sapi tanpa lemak, telur, makanan laut, susu dan produk olahannya.

3. Karbohidrat 

Makanan seperti kentang, umbi-umbian, beras merah atau beras coklat menjadi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan dengan karbohidrat tinggi menjadi salah satu makanan yang cocok dikonsumsi agar tubuh menjadi terjaga sebelum memasuki bulan puasa. Karbohidrat menjadi sumber energi utama tubuh. Dengan mengonsumsi karbohidrat secukupnya, tubuh akan mendapatkan energi yang diperlukan untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bernapas, berlari, berpikir, berolahraga, dan lain sebagainya.

4. Vitamin dan Kalsium

Vitamin dan kalsium memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin bermanfaat sebagai penunjang kinerja berbagai organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, sementara kalsium bermanfaat bagi pengoptimalan fungsi saraf serta kesehatan jantung. Begitu banyak manfaat dari konsumsi makanan yang tinggi vitamin dan kalsium, sehingga baik bagi tubuh agar diberikan kesiapan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan kalsium seperti ikan, susu dan keju, serta buah jambu, pisang atau jeruk cocok untuk dikonsumsi.

5. Zat Besi

Dilansir dari halodoc.com, zat besi memiliki fungsi vital dalam meningkatkan energi dan menjaga fokus tubuh. Zat besi adalah mineral penting bagi fungsi hemoglobin untuk mengangkut oksigen dalam darah dan juga berperan dalam berbagai proses penting lainnya di dalam tubuh. Kekurangan zat besi dalam darah bisa menyebabkan proses penting di dalam tubuh terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: