Deretan Film Top Indonesia Mendunia, Ada yang Masuk Festival Film Internasional Bergengsi!

Deretan Film Top Indonesia Mendunia, Ada yang Masuk Festival Film Internasional Bergengsi!

FOTO ILUSTRASI -freepix-

RADARTV – Industri perfilman Indonesia terus bergerak maju. Cikal bakal terhitung sejak tahun 1920-an hingga sekarang, sudah banyak film karya sutradara tanah air sukses dan mendunia.

Berawal dari layar hitam tidak bersuara, kini tampilan layar lebar Indonesia sudah semakin canggih seiring perkembangan teknologi dan kemajuan sektor perfilman. 

Faktor ini mendorong meningkatnya kualitas produksi perfilman Indonesia. Dengan kualitas semakin menarik, film Indonesia mampu bersaing di kancah internasional.

Tidak hanya sukses di layar lebar Indonesia. Beberapa film Indonesia ini juga turut mengarumkan perfilman Indonesia dan berhasil menyabet penghargaan pada ajang festival film internasional bergengsi.

Dilansir dari Kemenparekraf RI. Berikut ini, 10 film Indonesia sukses masuk ke festival film internasional.

1. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film disutradari Mouly Surya ini menjadi film pertama meraih penghargaan di Festival Film Internasiona (FFI)l. Film ini didistribusikan ke 18 negara di Eropa dan Asia Tenggara, Amerika hingga Kanada. 

Dibintangi Marsha Timothy, film ini mengisahkan tentang seorang janda menghadapi berbagai konflik, Marlina Si Pembunuh Empat Babak menyabet banyak penghargaan, mulai dari Festival Film Sitges, Tokyo FILMeX, Asia-Pacific Film Festival, Five Flavours Asian Film Festival, hingga Qcinema International Film Festival.

2. Pengabdi Setan (2017)

Film bergenre horor ini digarap oleh Joko Anwar. Dengan jalan cerita cukup menegangkan Pengabdi Setan berhasil meraih predikat “Film Horor Terbaik” di Toronto After Dark Film Festival dan Overlook Film Festival”. 

3. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Garin Nugroho sukses dengan banyak penghargaan dan disambut dengan hangat oleh pecinta film luar negeri. Film ini mengisahkan tentang seorang penari lengger dalam menemukan jati dirinya, film ini berhasil meraih berbagai pengahargaan. 

Antara lain Venice Independent Film Critic 2018, Asia Pacific Screen Awards 2018 Kategori “Cultural Diversity Award”, dan “Best Picture” dari International Cinephile Awards 2019.

3. Sekala Niskal (2018)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: