UPDATE PRAKIRAAN CUACA PEMILU 2024 : Mayoritas Wilayah Di Lampung Cerah Berawan

UPDATE PRAKIRAAN CUACA PEMILU 2024 : Mayoritas Wilayah Di Lampung Cerah Berawan

SULIT DITEBAK : Perubahan cuaca yang sangat cepat sulit ditebak seperti perasaan perempuan. -hendarto setiawan-

RADARTV – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan upadate prakiraan cuaca, hari Rabu 14 Februari atau bertepatan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Dari 15 ibukota kota / kabupaten, mayoritas atau sebanyak 11 wilayah diprediksi akan mengalami cuaca cerah berawan. Dengan begitu, dapat mendukung prosesi demokrasi di Indonesia.

Sebelumnya, data dari laman Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (MBKG) menunjukan peringatan dini terjadinya cuaca buruk. Namun, ini hanyalah prakiraan cuaca dari manusia. Untuk ketetapan terjadi atau tidak, atau bahkan lebih dahsyat merupakan rahasia dan kehendak Allah Azza wa Jalla. 

BMKG menerbitkan prakiraan cuaca berdasarkan pelbagai indikator ilmiah, mulai dari tekanan udara, suhu, cuaca, dan faktor – faktor lainnya.  

Seluruh kota yang cerah berawan, minus kota Pringsewu, Kotaagung, Krui dan Liwa diprakirakan akan hujan ringan

Dalam info grafis yang disajikan. Sebanyak 15 ibukota kabupaten / kota di Provinsi Lampung harus mewaspadai cuaca di malam hari akan didera hujan dengan intensitas ringan.

Waktu malam hari ini rawan karena sebagian TPS masih melaksanakan proses penghitungan dan pengiriman logistik pemilu dari TPS menuju kelurahan dan kecamatan. 

Semua daerah akan mengalami hujan ringan. Namun ada sejumlah daerah diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir. Yakni, Kalianda, Kota Agung, Krui dan Pringsewu. 

Sebelumnya di laman BMKG disajikan prakiraan cuaca. Semisal di Kota Bandar Lampung, akan mengalami hujan ringan sejak Rabu dinihari dan berlanjut di pagi dan siang hari akan disambangi hutan lebat disertai petir. 

”Bagi pelaksana pemilu (KPPS) dan calon pemilih diminta untuk waspada. Utamanya menjaga surat suara dan perlengkapan pencoblosan agar tak basah terkena hujan. Karena jika sampai basah dan rusak. Ini bahaya berabe kita dibuatnya,” ujar salah satu Linmas di Kecamatan Tanjung Karang Pusat.  

Hujan lebat disertai petir dari pagi hingga siang hari diperkirakan terjadi di Kota Gedong Tataan, Gunung Sugih, Liwa, Panaragan Jaya dan Pringsewu. 

Dari infografis BMKG, hujan lebat disertai petir akan terjadi sepanjang hari, sejak pagi hingga malam di Kota Menggala, ibukota Tulang Bawang dan sekitarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: