Wajah Caleg DPR RI Partai Buruh Lampung : Perjuangkan Nasib Buruh Seutuhnya

Wajah Caleg DPR RI Partai Buruh Lampung : Perjuangkan Nasib Buruh Seutuhnya

PARTAI BURUH-kpu-

RADARTV – Meski terbilang sulit meraih kursi parlemen. Namun cita – cita partai politik (parpol) baru lahir dan ikut dalam pemilihan umum (pemilu) 2014 sangatlah mulia. 

Salah satunya adalah Partai Buruh. Dengan nomor urut 6 (enam), Partai Buruh adalah salah satu parpol yang berperan penting dalam kancah politik Indonesia. 

Didirikan tanggal 28 Agustus 1998, sekitar 3 bulan setelah lengsernya Presiden RI ke-2 Soeharto akibat peristiwa Reformasi 21 Mei 1998. Pada awalnya, partai ini menggunakan nama “Partai Buruh Nasional” yang dipimpin oleh Muchtar Pakpahan (alm) dan berpartisipasi dalam pemilu 1999 dengan nomor urut 37.

BACA JUGA:10 Parpol Terancam Gagal Masuk DPR RI, Termasuk PSI Besutan Kaesang Putra Presiden

BACA JUGA:Wajah Caleg DPR RI Partai Nasdem Lampung 2024 : Buka Peluang Tambah Perolehan Kursi

Saat pemilu 2004, partai ini berubah nama menjadi “Partai Buruh Sosial Demokrat” dengan nomor urut 2. Di pemilu 2009, partai ini kembali bertransformasi menjadi  nomor urut 44.

Setelah absen dari pemilu pada 2014 dan 2019, Partai ini kembali berkiprah dalam politik nasional melalui deklarasi hasil kongres yang digelar pada tanggal 4-5 Oktober 2021 di Jakarta. 

Kongres tersebut dihadiri oleh 4 konfederasi serikat pekerja terbesar dan sekitar 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional, forum guru dan tenaga kerja honorer, serta serikat petani dan nelayan.

Saat itu, Said Iqbal ditetapkan sebagai Presiden Partai Buruh, yang merupakan tokoh dari berbagai unsur organisasi serikat pekerja, seperti FSPMI, ORI-KSPSI, SPI, KPBI, RRI Unsur FSP KEP, RRI Unsur FSP FARKES Reformasi, FPTKHSI, dan GPI.

Partai Buruh memiliki perwakilan daerah di 34 provinsi, 514 perwakilan tingkat kabupaten/kota, dan lebih dari 6.000 perwakilan di tingkat kecamatan. 

Partai Buruh mengidentifikasi sebagai partai memperjuangkan hak-hak untuk kesejahteraan hidup layak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Visi Partai Buruh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: