Ini Dia Caleg DPR RI PKB Lampung Pemilu 2024 : Bidik 3 Kursi, Adu Kuat Ela dan Kadafi Dapil Lampung 1

Ini Dia Caleg DPR RI PKB Lampung Pemilu 2024 : Bidik 3 Kursi, Adu Kuat Ela dan Kadafi Dapil Lampung 1

PKB : Caleg DPR RI PKB Dari Dapil Lampung I. -KPU RI-

8. Lestari Permata N

9. Nur S Ulum

10. Verlantari A Mutiara Subing, S.K.G.

Analisa Perolehan Kursi 

Saat pemilu 2019 silam, PKB meraih dua kursi DPR RI. Dapil Lampung I disumbangkan oleh Muhammad Kadafi dengan perolehan 44.854 suara. 

Untuk dapil Lampung II satu kursi dipersembahkan oleh Ela Siti Nuryamah dengan perolehan cukup besar mencapai 82.452 suara. 

Menariknya, dalam Pemilu 2024 ini terjadi perubahan strategi. Ela digeser maju menjadi caleg dari dapil Lampung II ke Lampung I. Ada dua kemungkinan strategi taktik (stratak) dari kebijakan yang diambil Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia.

Yakni mencoba meraih dua kursi dari dapil Lampung I, atau sengaja membenturkan dua caleg yakni Ela dan Kadafi. Ela mendapatkan nomor 1, yang dulu dipegang Kadafi saat pemilu 2019. Nah Kadafi sendiri mendapat nomor urut 3. 

Untuk diketahui PKB sangat dekat dengan basis massa dari kalangan ormas Islam Nahdlatul Ulama. Nah menariknya, posisi Ela yang ”dibuang” ini justru dimanfaatkan oleh Chusnunia. Wakil Gubernur di era Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini menempati nomor urut 1. 

Sosok Ela Siti Nuryamah 

Digeser ke dapil Lampung I membuat Ela sebagai kader PKB harus siap. Bahkan, Ela lumayang massif menggelar sosialisasi tradsional dengan memasang banner di dengan memaku di pohon penghijauan, tiang listrik hingga pagar atau tembok rumah orang.  

Perempuan kelahiran 3 Januari  1983 dan juga besar di Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat ini sempat menjadi anggota DPRD Lampung Timur 2014 – 2019 dan lanjut DPR RI di periode berikutnya.

BACA JUGA:Caleg DPR RI Dari PKB Ela Siti Nuryamah Diduga Lakukan Money Politic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: