Bukan Jalan-Jalan Biasa. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung.

Bukan Jalan-Jalan Biasa. Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung.

Mendaki gunung tak boleh dianggap remeh. Butuh persiapan. Jalur terjal dan tak terduga sering dijumpai ketika melakukannya.-pexels.-

RADARTV - Kegiatan luar ruang yang satu ini ada yang bilang ekstrim. Namun ada juga yang menganggapnya seperti jalan-jalan biasa. Ya, mendaki gunung. Apapun anggapannya, kegiatan ini telah menjadi kegiatan yang diminati banyak orang.

Mendaki gunung memang populer diberbagai kalangan. Mulai pelajar, mahasiswa dan artis serta kalangan lainnya. Bahkan akademisi dan filsuf seperti Rocky Gerung diketahui masih rutin melakukan aktivitas ini. Tak kenal usia. Muda dan tua tak mau ketinggalan melakukan kegiatan yang cukup menguji nyali ini.

Mendaki gunung tak boleh dianggap remeh. Butuh persiapan. Jalur terjal dan tak terduga sering dijumpai ketika melakukannya. Beberapa kasus kecelakaan saat pendakian, terjadi akibat kurangnya persiapan. Selain pengetahuan dan peralatan mendaki, fisik juga mesti dipersiapkan dengan baik.

Berikut 5 hal yang mesti dipersiapkan sebelum mendaki gunung :

1. Cari sebanyak mungkin semua informasi pendakian.

Penting untuk menyiapkan barang-barang yang akan dibawa mendaki. Namun sebelum itu, sebaiknya carilah terlebih dahulu sebanyak mungkin informasi terkait gunung yang akan dikunjungi.

Kegiatan mendaki gunung bukan seperti jalan-jalan di kebun binatang atau tempat wisata pada umumnya. Banyak informasi yang mesti diketahui demi kelancaran dan keselamatan diri dan tim saat mendaki.

Beberapa hal penting mesti diketahui, seperti : prakiraan cuaca saat akan melaksanakan pendakian. Lalu informasi kondisi gunung yang dituju : bagaimana jalur pendakiannya, apakah landai, curam dan adakah jalur alternatif lainnya. Jangan lupa informasi mengenai letak sumber air, jalur aman dan lokasi kemah.

Kebiasaan serta aturan apa saja yang berlaku di gunung dan sekitarnya juga mesti dipahami. Informasi terkait transportasi seperti apa yang digunakan dari rumah menuju basecamp juga patut diketahui. Ingat, cari tahu sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan.

2. Pilih tujuan serta tingkat pendakian dengan tepat.

Sesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman. Ketika ini pendakian dan pengalaman pertama atau kedua, sebaiknya jangan langsung mendaki gunung dengan medan yang sulit. Coba ajukan dan pilih lokasi pendakian yang tak terlalu ekstrim, baik jarak, waktu serta jalur pendakiannya.

3. Siapkan fisik sebelum pendakian.

Siapkan fisik dengan berolahraga, dan penuhi asupan makanan yang cukup dan sesuai. Lakukan olahraga yang sama dengan aktivitas yang akan dijalani. Push up, shit up serta lari menjadi pilihan olahraga yang dianjurkan dalam menyiapkan fisik menjelang pendakian.

Untuk olahraga lari, cobalah lakukan di jalan yang menanjak dan menurun. Ini sebagai upaya meningkatkan ketahanan kaki dan adaptasi dalam menghadapi jalur terjal dan curam dalam pendakian. Jangan lupa tambahkan latihan pernafasan agar mampu mengatur dan menghirup oksigen dengan baik tanpa ngos-ngosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: