Puting Beliung Ngamuk di Way Kanan, Seratusan Rumah Rusak dan Pohon Besar Bertumbangan

Puting Beliung Ngamuk di Way Kanan, Seratusan Rumah Rusak dan Pohon Besar Bertumbangan

EVAKUASI : Tim gabungan BPBD dan Polres Way Kanan di lokasi bencana. -Dedy Tarnando-

RADARTV – Seperti sudah mentradisi, bencana kembali menyapa Provinsi Lampung di akhir tahun 2023. Kali ini, hujan deras disertai angin puting beliung ngamuk di Kampung Kali Papan dan Kampung Sumber Rezeki, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan.

Awalnya awan hitam jenis comulus nimbus menggantung di angkasa. Hujan turun perlahan, tambah lama bertambah deras. Di waktu bersamaan, angin kencang bertiup. Kian lama, dari arah utara nampak pusaran angin menggulung menuju arah kampung.

Area yang dilintasi angin puting beliung terdampak paling parah. Pepohonan besar dengan ketinggian belasan meter dengan diameter satu meter lebih pun tercerabut akarnya. Sejumlah pohon menimpa rumah warga

Terjangan angin kencang ini terjadi Senin 25 Desember 2023 malam, dan terus berlanjut hingga Selasa dini hari.

Begitu pula dengan genting dana tap rumah warga yang terbuat dari asbes dan seng juga ikut tergulung. Sedikitnya ada 7 rumah mengalami luka berat. Ada rumah semi permenan milik warga rata dengan tanah.

”Ada tujuh rumah warga rusak berat, sebanyak 90 rumah lainnya mengalami rusak ringan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Way Kanan Riantori.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa atau luka – luka. Saat ini, Tim BPBD tengah mendata jumlah kerugian material rumah warga. 

Sebaliknya, Polres Way Kanan telah selesai melakukan pendataan kerugian material. Jumlahnya lebih banyak disbanding data pemerintah daerah. Data kepolisian menyebutkan kerusakan rumah akibat puting beliung mencapai 105 unit. 

Kampung Kalipapan dan Sumber Rezeki yang dilanda bencana angin puting beliung merupakan dua kampung yang lokasinya berada dalam satu garis sama. Potensi hujan deras disertai angin kencang sebenarnya sudah diperkirakan oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung. 

”Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan luka – luka. Namun kerugian material masih kami hitung secara cermat,” tambahnya.

Petugas gabungan dari BPBD, Polres Way Kanan, dan TNI langsung berupaya melakukan evakuasi atas barang – barang berharga. Bagi warga yang kediamannya rusak parah, untuk sementara diungsikan ke rumah kerabat dan tetangga.

”Dibutuhkan penanganan cepat untuk perbaikan dan mendirikan rumah yang rusak parah,” tandasnya. 

Dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung potensi hujan sedang hingga lebat pada periode 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Lampung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: