Pemprov Lampung Gelontorkan Rp 15,9 Miliar Untuk 2.446 Desa dan 205 Kelurahan

Pemprov Lampung Gelontorkan Rp 15,9 Miliar Untuk 2.446 Desa dan 205 Kelurahan

Masing-masing desa/kelurahan menerima bantuan Rp 6 juta.--

RADARTV - Pemprov Lampung mengucurkan dana Rp 15,9 M untuk seluruh Desa/Kelurahan di Lampung.  Total sebanyak 2.446 desa dan 205 kelurahan se-Lampung yang mendapatkan bantuan dengan masing-masing bantuan Rp 6 juta per desa/kelurahan.

Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kapada seluruh kepala desa dan lurah yang telah hadir dalam kegiatan, 5 Desember 2023.

Arinal menjalaskan, hal ini Sebagai bukti komitmen Pemprov Lampung terhadap kemajuan desa dan upaya untuk peningkatan program kerjanya yakni Smart Village atau desa cerdas berbasis digital.

Program Smart Village yang telah dijalankan telah banyak mengeluarkan inovasi-inovasi di tingkat desa/kelurahan. Di antaranya elektronik samsat desa (E-Samdes) yang memudahkan masyarakat desa untuk membayar pajak kendaraan bermotor di BUMDes.

BACA JUGA:Rokok Kretek dan Cabai Picu Inflasi Kota Bandar Lampung

Kemudian pemilihan kepala desa secara online, integrasi program Kartu Petani Berjaya, Lalu ada warung sehat  yang merupakan Kerja sama BUMDes dengan PT Kimia Farma, serta pemberian pinjaman khusus kepala desa di Bank Lampung.

"Pemprov Lampung komitmen terhadap kemajuan desa dan upaya untuk peningkatan program kerjanya yakni Smart Village berbasis digital. Program Smart Village yang telah dijalankan telah banyak mengeluarkan inovasi-inovasi di tingkat desa/kelurahan," ungkap Arinal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina, mengatakan anggaran yang dikucurkan dalam program bantuan kepada seluruh desa/kelurahan di Lampung itu menggunakan dana dari APBD-P yang merupakan kebijakan dari Gubernur Lampung.

"Anggaran Rp 6 juta untuk masing-masing desa dan kelurahan di Lampung itu akan dipergunakan untuk peningkatan kapasitas Smart Village," ujar Zaidirina.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: