Kenali Manfaat Berdoa dan Waktu-waktu Mustajab Berdo’a

Kenali Manfaat Berdoa dan Waktu-waktu Mustajab Berdo’a

Ilustrasi (Foto : www.istockphoto.com)--

Terkabulnya doa ini tentu saja jika terpenuhi syarat-syarat berdoa dan juga mengamalkan adab-adab ketika berdoa. 

Syaikh ‘Abdurrazaq bin ‘Abdul Muhsin Al-Badr hafidzahullahu Ta’ala mengatakan,

ومن الأوقات التي يُرجى فيها قبولُ الدعاء ما بين الأذان والإقامة لِمَا ثبت عن أنس بن مالك رضي الله عنه

“Di antara waktu yang diharapkan terkabulnya adalah waktu yang terletak di antara adzan dan iqamah. Hal ini berdasarkan hadits valid yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu … “ kemudian beliau pun menyebutkan hadits di atas. (Fiqh Al-Ad’iyyah wal Adzkaar, 2: 102)

2. Saat Turun Hujan Pertama Kali

Salah satu waktu berdoa yang sangat baik dan diijabah adalah saat turun hujan khususnya hujan pertama kali.

Imam Syafi'i Rahmatullah alaih telah meriwayatkan dalam kitab al-Umm dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu iqamah, serta ketika turunnya hujan. 

Imam an-Nawawi juga mengatakan doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.

3. Waktu Sepertiga Malam

Waktu sepertiga malam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, alias waktu yang diutamakan agar doa cepat terkabulkan.

Adapun waktu di sepertiga malam adalah waktu yang dianjurkan menjadi saat yang tepat selain melaksanakan ibadah sunnah sholat Tahajud atau sholat hajat.

Karenanya, sepertiga malam adalah waktu yang dianjurkan untuk membaca doa Sholat tahajud yang mustajab.

Pernyataan ini telah dijelaskan dalam Hadist nabi yakni dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://kemenag.go.id/