Kenali Manfaat Berdoa dan Waktu-waktu Mustajab Berdo’a

Kenali Manfaat Berdoa dan Waktu-waktu Mustajab Berdo’a

Ilustrasi (Foto : www.istockphoto.com)--

RADARTV - Doa itu kunci ibadah, setiap kita dianjurkan untuk selalu meminta pertolongan kepada Sang Pemilik Alam Semesta dan Dzat yang Maha Besar dan Maha Kuat.

Allah Subhanahu Wata’ala telah menyampaikan firmannya  dalam Surat Al Fatihah :

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.” (QS. Al-Fatihah Ayat 5)

Bahkan Allahu Subhanahu Wata’ala sudah memberikan garansi bagi siapa berdoa dengan sungguh dan ikhlas serta diwaktu yang mustajab, sudah disampaikan Allah Subhanalahu akan dikabulkan.

Allah Allahu Subhanahu Wata’ala telah berfirman dalam Alqur’an Surat Al Baqarah Ayat 186 yang berbunyi :

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

 “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS.Al Baqarah Ayat 186).

Dalam Tafsir Tahlili dijelaskan bahwa di dalam ayat ini, Allah menyuruh hamba-Nya agar berdoa kepada-Nya, serta Dia berjanji akan memperkenankannya, tetapi pada akhir ayat ini Allah menekankan agar hamba-Nya memenuhi perintah-Nya dan beriman kepada-Nya agar mereka selalu mendapat petunjuk. 

Diketahui tafsir tahlili sendiri merupakan salah satu metode tafsir yang sering digunakan para pengkaji al Qur’an yang berusaha menjelaskan Al Qur’an dengan menguraikan berbagai seginya dan menjelaskan maksudkan Oleh Alqur’an.

BACA JUGA:Rahasia Hati, Berikut Cara Bagaimana Menjaga Hati Agar Selalu Tenang

Di dalam hadis banyak diterangkan hal-hal yang bertalian dengan doa antara lain: 

Sabda Rasulullah saw: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (ثَلاثَةٌ لا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا فَوْقَ الْغَمَامِ وَتُفَتَّحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://kemenag.go.id/