Mengenal Pentingnya Self Reward untuk Kestabilan Mental

Rabu 16-10-2024,12:30 WIB
Reporter : MG-24-Celia Agustin
Editor : Hendarto Setiawan

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM – Kapan terakhir kali kamu merayakan pencapaian yang telah kamu dapatkan? Seberapa sering kamu memberikan apresiasi kepada dirimu sendiri?

Sangat disayangkan sekali, tidak sedikit orang yang lupa meluangkan waktunya untuk sekedar memberikan hadiah kecil atas penacapain dirinya sendiri. Hal ini sering terjadi karena terlalu sibuk mencapai wishlist secara bersamaan.

Self reward atau memberikan penghargaan atas pencapaian terhadap diri sendiri seringkali dianggap sebagai terlalu memanjakan diri atau egois. Akan tetapi, menjaga kesehatan mental dengan memberikan kebahagiaan kepada diri sendiri melalui self reward adalah salah satu cara menjaga kewarasan batin dan jiwa.

Mengapa memberikan apresiasi kepada diri sendiri atau self reward menjadi hal yang perlu dilakukan?

1. Memberikan suasana hati yang bahagia

Bayangkan saja ketika dirimu mendapatkan hadiah yang selama ini kamu inginkan, meski hanya sekedar makanan favoritmu, healing ke tempat yang kamu inginkan dan itu semua terwujud karena pencapaian yang kamu perjuangkan selesai dengan maksimal.

Hal tersebuat adalah salah satu cara menghargai kerja keras kita, dan juga sebuah cara untuk memberikan kebahagian kepada diri sendiri.

2. Sebuah bentuk menghargai diri sendiri

Tanpa disadari self reward yang diberikan kepada diri sendiri adalah cara memvalidasi diri kita bahwa hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki, tanpa harus merasakan insecure ketika orang lain mendapatkan sesuatu. Karena yang menjadi batasan kebahagian kita bukan pencapaian orang lain. Akan tetapi ketika kita berhasil menyelesaikan tugas kita dengan maksimal.

3. Menumbuhkan energi positif

Memberikan self reward merupakan cara yang efektif untuk bekerja lebih keras dalam mencapai tujuan tertentu. Karena hal ini akan menjadi afirmasi yang positif kepada diri kita supaya memiliki sikap yang sama ketika melakukan sesuatu.

4. Menghilangkan rasa lelah dan stress

Self reward merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa lelah dan stress. Karena setelah bekerja keras dan mendapatkan penghargaan terhadap diri sendiri dengan hadiah-hadiah kecil yang kita berikan sebagai sebuah self reward akan menciptakan semangat baru lagi untuk memulai sesuatu.

Jadi, memberikan self reward bukanlah sikap yang boros karena self reward adalah sebuah bentuk penghargaan kepada diri sendiri atas sebuah pencapaian. Meski sebuah hal kecil akan tetapi sangat bermakna untuk kesehatan mental. Bekerja dengan baik dan maksimal akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas. 

Akan tetapi, jangan melupakan diri kita yang sudah membersamai untuk berjuang sampai sejuah ini, jangan lupa memberikan apresiasi untuk tetap menjaga kestabilan mental.

Kategori :