Pendaki Naomi Daviola Sempat Hilang 3 Hari di Gunung Slamet, Berhasil Di Temukan...

Pendaki Naomi Daviola Sempat Hilang 3 Hari di Gunung Slamet, Berhasil Di Temukan...

pendaki hilang di Gunung Slamet jalur Bambangan selama 3 hari-Pinterest-

RADARTVNEWS.COM - Seorang pendaki wanita bernama Naomi Daviola Setyanie (17) yang akrab disapa Vio, dikabarkan sempat hilang selama 3 hari saat mendaki di Gunung Slamet Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Vio merupakan warga Jalan kauman Baru Blok B-1, Semarang, ditemukan oleh Tim Sar Bambangan dalam keadaan selamat disekiar jalur Gunung Malang. 

Pendaki sempat tersesat di Gunung Slamet melalui jalur Bambangan, desa Kutabawa, kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Penemuan terjadi sekitar pukul 10.03 WIB, dengan kondisi pendaki yang sehat. Tim SAR kemudian melakukan proses evakuasi untuk membawa Vio ke Base Camp Bambangan.

"Alhamdulillah survivor masih dalam keadaan sehat dan selamat," ucap laporan suara dari Handy talkie (HT) di Base Camp Bambangan, Selasa (8/10/2024).

Prayitno, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, mengkonfirmasi bahwa Tim SAR Gabungan telah menemukan pendaki wanita yang sebelumnya dilaporkan hilang di Gunung Slamet sejak Minggu (6/10/2024).

"Kami bersyukur karena pencarian yang dilakukan sejak semalam hingga pagi tadi membuahkan hasil," imbuhnya.

Sebelum ditemukan, Vio dilaporkan hilang setelah mendaki bersama rombongan 40 orang pada Sabtu (5/10/2024) malam. Kepala Pos Pemantauan Bambangan, Sugeng Riyadi, menceritakan bahwa Vio turun lebih dulu bersama seorang pria berambut pirang, namun dengan jarak yang cukup jauh.

Vio mengambil jalur di sisi kanan dari puncak, sementara pria tersebut berada di tengah. Dua pendaki lain yang berada di belakang Vio sempat merasa khawatir karena firasat tidak enak melihat rute yang diambil Vio.

Di pos 7, ada laporan tentang suara minta tolong yang terdengar seperti suara perempuan, namun setelah diperiksa tidak ditemukan apa-apa. Upaya pencarian terus dilakukan dengan penambahan 21 personel SAR pada Selasa (8/10/2024).

Pencarian difokuskan di area Pos 7 berdasarkan informasi dari pendaki lain yang mendengar suara teriakan meminta tolong di lokasi tersebut.

Vio dapat bertahan selama tiga hari dengan memakan 3 potong roti yang ia bawa. Sedangkan untuk minum, Vio menemukan air dari sungai yang mengalir dijalur yang ia lewati.

Sedikit informasi tentang Gunung Slamet, Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, dengan ketinggian 3,428 meter di atas permukaan laut. 

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: