Dukung Ketahanan Pangan Nasional, PTPN I Regional 7 Siap Sinergi Media

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, PTPN I Regional 7 Siap Sinergi Media

Regional Head PTPN I Regional 7, Tuhu Bangun saat menyampaikan sambutan kepada pimpinan media dalam media gathering di Novotel Bandar Lampung, Rabu (11/09/2024)-dok-

RADAR TV – Upaya Mendukung kebijakan pemerintah terkait Proyek Strategis Nasional (PSN), BUMN Perkebunan, khususnya PTPN Grup, melakukan transformasi besar-besaran. 

Regional Head PTPN I Regional 7, Tuhu Bangun dalam pemaparannya saat menggelar Media Gathering di Novotel, Rabu (11/09/2024) menyebut bila saat ini dibentuk Tiga Sub Holding dengan misi yang sangat jelas yakni mendukung ketahanan pangan nasional. 

Dihadapan para Pemred Media yang hadir Tuhu Bangun menjelaskan salah satu langkah awal penting ini adalah terbentuknya Sub Holding SugarCo pada 2021, yang bertujuan merevitalisasi industri gula nasional dan meningkatkan produksinya. 

Selain itu, Sub Holding PalmCo dan SupportingCo juga dibentuk pada Desember 2023 untuk meningkatkan hilirisasi produk kelapa sawit dan mengelola aset perkebunan unggul seperti karet, the, kopi, coklat dan lainnya. 

Langkah ini menurutnya, bukanlah sekadar transformasi struktural. Sub Holding SupportingCo, di mana PTPN I (SupportingCo) berperan penting, mengambil tanggung jawab besar dalam pengelolaan aset perkebunan melalui optimalisasi, diversifikasi, dan divestasi aset. 

“Transformasi ini diharapkan memberi nilai tambah signifikan bagi perekonomian. Dalam aksi korporasi ini, PTPN VII bergabung dengan berbagai entitas lain, termasuk PTPN II hingga PTPN XIV, di mana perubahan nama menjadi PTPN I Regional 7 juga terjadi,” tuturnya. 


Pemimpin Redaksi RLMG Abdul Karim Saat Media Gathering bersama PTPN 1 Regional 7--

Restrukturisasi tersebut, tambahnya, bukan hanya berdampak pada nama dan struktur, tetapi juga pada bagaimana PTPN I Regional 7 akan bergerak ke depan. 

Komitmen ESG (Environmental, Social, Governance) menjadi pijakan dalam setiap aktivitas bisnis dan operasional PTPN I Regional 7. “Dalam kemitraan dengan PTPN IV Regional 7 KSO PalmCo dan PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo), PTPN I Regional 7 bekerja untuk mengelola komoditi sawit dan tebu secara efektif”. 

Menilik kinerja hingga Agustus 2024, PTPN I Regional 7 mencatat laba sebesar Rp107,68 miliar. Prestasi ini ditambah dengan keberhasilan memborong sembilan penghargaan di PTPN Award 2024. 

Penghargaan ini tak hanya simbol prestasi, tetapi juga bukti nyata bahwa unit-unit kerja di Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu mampu bersaing di level tertinggi. 

Tidak hanya fokus pada core business, PTPN I Regional 7 juga merancang strategi optimalisasi aset melalui kerjasama dengan mitra bisnis. 

Optimalisasi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas karet dan teh serta mengembangkan lahan potensial untuk agrowisata, pertambangan, dan hospitality. 

Disisi lain, PTPN I Regional 7 juga berkomitmen mendukung pembangunan Proyek Strategis Nasional, salah satunya dengan menyediakan lahan untuk pembangunan infrastruktur seperti Jalan Tol Lintas Sumatera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: