Padang Savana Seluas 2 Hektare di Suoh Terbakar, Petugas Lakukan Penyisiran Sisa Api

Padang Savana Seluas 2 Hektare di Suoh Terbakar, Petugas Lakukan Penyisiran Sisa Api

Pasca terjadinya kebakaran yang menghanguskan sekitar dua hektare padang savana (padang ilalang) di Puncak Danau Lebar, di Pekon Suka Marga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), pada Senin 12 Agustus 2024.--

Radar TV – Pasca terjadinya kebakaran yang menghanguskan sekitar dua hektare padang savana (padang ilalang) di Puncak Danau Lebar, di Pekon Suka Marga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), pada Senin 12 Agustus 2024, petugas masih terus melakukan penyisiran sisa-sisa api di lokasi, hingga Selasa siang 13 Agustus 2024.

Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Bidang Wilayah II Liwa San Andre Jatmiko, S.Hut, M.M., melalui Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki, S.H., mengungkapkan, kebakaran terjadi  sekitar pukul 17.00 Wib dan berhasil di padamkan pada pukul 20.00.

”Kebakaran mengakibarkan padang savana dengan titik koordinat lokasi kebakaran X.0419164. Y 9419905 di puncak danau lebar suoh seluas kurang lebih dua hektar hangus terbakar,  dan meski sudah dinyatakan  padam Senin malam kami masih terus melakukan penyisiran di lokasi, untuk mencari sisa-sisa bara api, agar tidak kembali menjalar dan bisa memicu kebakaran kembali,” ungkap Sulki.

Lebih lanjut dikatakan Sulki, pihaknya menduga kebakaran yang terjadi itu disebabkan karena adanya pengunjung atau pengendara yang melintas membuang puntung rokok di sekitar lokasi. Kondisi  ilalang yang mulai mengering, ditambah tiupan angin menyebabkan api tersulut dan membesar lebih cepat.

”Hasil pengecekan kami di lapangan, dugaan kuat itu adanya oknum masyarakat yang membuang puntung rokok, kemungkinan pengunjung atau masyarakat yang lewat, karena lokasinya di dekat jalan besar,” kata dia.

Sulki mengimbau kepada seluruh masyarakat yang kebetulan melintas atau berkunjung ke Danau Lebar yang merupakan salah satu destinasi di wilayah itu, agar tidak menyalakan api atau membuang puntung rokok sembarangan.

”Kami menekankan kepada masyarakat yang berkunjung ke danau lebar atau masyarakat yang melintas untuk tidak bermain api. Sehingga tidak ada yang dirugikan,  terlebih saat ini memasuki musim kemarau dan kebakaran akan memicu pencemaran udaha dan bisa menyebaban sesak nafas karena asap,” tutupnya.

Untuk diketahui, kebakaran yang terjadi berhasil dipadamkam oleh petugas  gabungan, yang  terdiri dari petugas  Polht TNBBS Resort Suoh, Personil Polsek Bandar Negeri Suoh, aparat pekon yang dikomandoi Peratin Pekon Sukamarga Jaimin, Satgas Tanggap bencana Pekon Sukamarga, 11 orang Mahasiswa KKN dari Universitas UGM dan masyarakat. (nop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: