Seeokor Buaya Muara Penyerang Warga Tanggamus Lampung Ditangkap

Seeokor Buaya Muara Penyerang Warga Tanggamus Lampung Ditangkap

DITANGKAP : Buaya muara yang diamankan tim gabungan di Way Semaka, Tanggamus, Lampung.-Edi Herliansyah-

RADARTV – Seekor buaya muara yang diduga menyerang warga di sepanjang aliran Way Semaka, Tanggamus, Provinsi Lampung berhasil ditangkap.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Lampung, bersama tim gabungan dibantu warga, berhasil menangkap satu ekor buaya muara (crocodylus porosus), Kamis, 27 Juni 2024 pagi. 

Penangkapan buaya sepanjang 2,95 meter ioni merupakan keberhasilan upaya mitigasi dan penanggulangan konflik satwa liar di wilayah Pekon Sripurnomo, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus

Kasat Polairud Polres Tanggamus, Iptu Zulkarnain melalui keterangan tertulis disampaikan Seksi Humas Polres Tanggamus menjelaskan, operasi menyusul adanya laporan serangan buaya terhadap dua warga Sripurnomo pada 24 dan 26 Juni 2024.

Tim gabungan melakukan koordinasi dengan Camat Semaka, Kepala Pekon Sripurnomo, dan Babinkamtibmas Polsek Semaka. 

Diputuskan, Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Lampung melakukan penyisiran di sekitar lokasi serangan buaya. 

Tim terbagi menjadi dua kelompok, dengan tugas kelompok 1 melakukan penyisiran hingga radius satu kilometer ke hulu dan kelompok 2 menuju satu kilometer ke hilir dari lokasi serangan.

Pukul 09.50 WIB, tim menemukan satu ekor buaya sedang berjemur di pinggir sungai, sekitar satu kilometer ke hilir dari lokasi awal.

Upaya penangkapan manual menggunakan tali awalnya tidak berhasil. Sekitar pukul 11.00 WIB, tim bersama masyarakat setempat membuat dua unit jerat atau jebakan kolong di lokasi penemuan buaya. 

Pukul 8 malam, satu unit jebakan berhasil menarik perhatian buaya yang memakan umpan berupa itik. Buaya berhasil makan umpan tanpa masuk ke dalam jerat.    

Keesokan paginya, Kamis 27 Juni 2024 sekitar pukul 06.00 WIB, tim melakukan pemeriksaan jerat dan mendapati seekor buaya telah terperangkap dengan ekor masuk dalam jerat. 

"Penangkapan buaya dilakukan dengan bantuan sepuluh warga Pekon Sripurnomo, disaksikan Kepala Pekon Sripurnomo dan anggota Babinkamtibmas Polsek Semaka," jelas Iptu Zulkarnain.

Kasat menyebut, buaya yang berhasil ditangkap tersebut diidentifikasi sebagai buaya muara dengan panjang 3 meter kurang 5 cm, dari ujung kepala hingga ujung ekor dan dengan lebar perut 45 centimeter. 

"Buaya ini memiliki ciri khas berupa gigi taring bagian atas kanan yang patah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: