Usia Berapa Anak Berhenti Mengompol?

Usia Berapa Anak Berhenti Mengompol?

anak mengompol-pinterest-

Mengompol pada usia ini lebih jarang terjadi, dengan sekitar 2-3% dari anak-anak yang masih mengalami masalah ini. Jika mengompol berlanjut hingga usia ini, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi, seperti masalah medis atau emosional.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mengompol

1. Kematangan Kandung Kemih

Beberapa anak memiliki kandung kemih yang lebih kecil atau belum cukup matang untuk menahan urin sepanjang malam. 

2. Genetika

Mengompol sering kali diturunkan dalam keluarga. Jika salah satu atau kedua orang tua mengompol saat kecil, kemungkinan besar anak mereka juga akan mengalami hal yang sama.

3. Masalah Kesehatan

Kondisi medis seperti infeksi saluran kemih, diabetes, atau sembelit kronis bisa menyebabkan mengompol. Jika mengompol disertai dengan gejala lain seperti nyeri saat buang air kecil atau peningkatan rasa haus, konsultasikan dengan dokter.

4. Faktor Psikologis

Stres atau perubahan besar dalam kehidupan anak, seperti pindah rumah, perceraian orang tua, atau kedatangan adik baru, bisa mempengaruhi kemampuan anak untuk mengontrol kandung kemih mereka.

Itu dia penjelasan tentang usia anak berhenti mengompol, setiap anak pasti memiliki proses yang berbeda-beda. Mengatasi mengompol memang memerlukan waktu dan kesabaran. Dengan dukungan yang tepat, sebagian besar anak akan berhenti mengompol seiring berjalannya waktu dan mencapai perkembangan yang sesuai dengan usia mereka. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: