Usia Berapa Anak Berhenti Mengompol?

Usia Berapa Anak Berhenti Mengompol?

anak mengompol-pinterest-

RADARTV - Apakah si kecil masih mengompol? Bunda-bunda tidak perlu khawatir, mengompol pada anak adalah hal yang wajar. Seiring bertambahnya usia, anak-anak akan bisa mengontrol keinginan untuk buang air saat tidur. Kira-kira di usia berapa ya anak berhenti mengompol? Simak penjelasan berikut ini!

Berhenti mengompol pada anak adalah proses yang bervariasi dan sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti perkembangan fisik, emosional, dan lingkungan anak. Pada umumnya, anak-anak mulai belajar mengendalikan kandung kemih mereka sekitar usia 2 hingga 4 tahun. Namun, tidak jarang beberapa anak masih mengompol hingga usia yang lebih tua.

Pada dasarnya anak-anak belum memiliki refleks berkemih seperti orang dewasa, sehingga kebiasaan mengompol saat tidur merupakan hal yang wajar. Pertanyaan pada usia berapa anak mengompol sering kali membuat para ibu khawatir karena dapat mempengaruhi kenyamanan anak dalam tidur dan perkembangan kemandirian dalam mengontrol buang air kecil.

Meski demikian, mengompol umumnya masih dianggap normal pada anak di bawah usia 5 tahun. Bahkan, bukan tidak mungkin kebiasaan tersebut bisa dihentikan saat anak menginjak usia 3-4 tahun.

Pada usia 3 tahun, tubuh anak mulai memproduksi hormon antidiuretik (ADH) yang  menghambat pengeluaran cairan tubuh dalam bentuk urin. Oleh karena itu, kebiasaan mengompol biasanya membaik secara bertahap seiring dengan pertumbuhan anak.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengompol pada anak  dikatakan tidak normal bila terjadi terus menerus atau menetap, meskipun anak sudah berusia di atas 5 tahun. Kondisi ini melemahkan rasa percaya diri anak dan menimbulkan stres, sehingga akar penyebab kondisi ini harus segera diketahui dan dilakukan pengobatan yang tepat.

Perkembangan Normal Menghentikan Mengompol

1. Usia 2-3 Tahun

Pada usia ini, banyak anak mulai menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk toilet training. Mereka mungkin mulai merasakan sensasi ingin buang air kecil dan bisa memberi tahu orang tua mereka. Namun, kemampuan untuk benar-benar mengendalikan kandung kemih mereka mungkin belum sepenuhnya matang.

2. Usia 4-5 Tahun

Pada usia ini, sebagian besar anak-anak sudah bisa mengontrol kandung kemih mereka selama siang hari. Mengompol di siang hari biasanya mulai berkurang secara signifikan. Namun, mengompol di malam hari (nocturnal enuresis) masih bisa terjadi dan dianggap normal pada anak-anak hingga usia ini.

3. Usia 5-7 Tahun

Banyak anak yang mulai berhenti mengompol di malam hari pada rentang usia ini. Namun, sekitar 15% dari anak-anak berusia 5 tahun masih mengompol di malam hari. Seiring bertambahnya usia, persentase ini menurun dengan sendirinya. Pada usia 7 tahun, sekitar 5-10% anak masih mengompol di malam hari.

4. Usia 8 Tahun ke Atas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: