Jangan Buang Bonggol Nanas, Ini Cara Mengolahnya untuk Mengobati Sinusitis ala Dokter Zaidul Akbar

Jangan Buang Bonggol Nanas, Ini Cara Mengolahnya untuk Mengobati Sinusitis ala Dokter Zaidul Akbar

Bonggol atau bagian tengah dalam buah nanas mengandung banyak enzim yang baik untuk mengobati sinusitis.-instagram @almadinailham-

RADARTV- Termasuk buah dengan tampilan menarik. Bahkan ada yang bilang ini adalah salah satu buah berpenampilan mewah. Perpaduan warna hijau dan kuning menjadikannya tampak cerah. Pun serumpun kecil daun pada pangkalnya. Indah menghiasi bak mahkota raja.

Ya, nanas. Selain bentuk dan tampilannya, buah ini dikenal memiliki rasa yang unik dan menyegarkan. Kombinasi antara asam dan manis, menjadikannya pilihan populer untuk disajikan dalam berbagai situasi.

Nanas termasuk buah yang praktis untuk dinikmati. Selain bisa dikonsumsi langsung, daging buahnya juga dapat diolah menjadi rujak, jus, sambal atau dijadikan selai.

Pada beberapa kuliner khas Nusantara, daging buah nanas menjadi salah satu bahan penyempurna rasa. Seperti pada makanan pindang Meranjat, Sumatera Selatan. Terasa ada yang kurang tanpa kehadiran irisan-irisan buah nanas pada kuahnya.

Selain rasanya, nanas juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini kaya akan Vitamin C, A, kalsium, kalium, dan serat.

Buah dengan nama ilmiah Ananas Comosus ini, juga kaya kandungan antioksidan. Zat ini diketahui berperan penting dalam melawan radikal bebas dan membantu mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini  memiliki manfaat untuk meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu pencernaan protein. Hal ini menjadikan nanas salah satu buah yang cocok dimasukkan dalam menu untuk diet sehari-hari.

Namun, ternyata bukan hanya daging buah nanas saja yang boleh dimakan dan bermanfaat. Menurut dokter Zaidul Akbar, bonggolnya juga bisa dikonsumsi dan berkhasiat. Pasalnya, pada bagian tengah dalam buah nanas inilah banyak mengandung enzim yang berkhasiat untuk mengobati sinusitis.

Berikut cara mengolah bonggol nanas untuk mengobati sinusitis ala dokter Zaidul Akbar:

Bahan:

  • 1 buah bonggol nanas
  • Serbuk habbatussauda 3-5 kapsul
  • Sejumput garam mineral, misal:  garam himalaya
  • Madu secukupnya

Cara membuatnya:

  • Campurkan sedikir air dan blender bonggol nanas hingga cukup halus.
  • Kemudian saring, tuangkan dalam gelas.
  • Lalu taburkan serbuk habbatussauda dari dalam kapsul.
  • Beri sejumput garam mineral dan madu secukupnya.
  • Aduk hingga merata.

Jika diminum tiap hari, Insya Allah sinusitis akan hilang. Selain itu dengan rutin konsumsi bonggol nanas juga dapat mengatasi alergi-alergi lain yang berkaitan saluran pernafasan. Hal ini  dijelaskan juga oleh dokter Zaidul Akbar dalam video Reels yang dibagikan akun instagram @almadinailham.

Namun ingat, bila anda ingin mengonsumsinya sesuai resep tersebut diatas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Demikianlah resep sehat mengobati sinusitis ala dokter Zaidul Akbar, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: