Mau Baterai Smartphone Awet? Lakukan Tips Berikut Agar Tahan Lama Tak Mudah Rusak

Mau Baterai Smartphone Awet? Lakukan Tips Berikut Agar Tahan Lama Tak Mudah Rusak

Gunakanlah charger standar sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda. -Freepik-

RADARTV- Baterai merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah smartphone. Kecanggihan alat komunikasi tersebut tak akan berfungsi jika tidak memiliki daya listrik sebagai sumber tenaganya. Mengingat pentingnya peranan benda ini, maka sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan dan mengisi daya baterai ponsel cerdas anda.

Berikut 9 tips agar baterai smartphone awet, tahan lama, dan tak mudah rusak:

1. Gunakanlah pengisi daya yang disertakan dengan smartphone saat Anda membelinya. Hal ini sangat disarankan. Pasalnya, charger asli memiliki spesifikasi standar yang sesuai ponsel cerdas Anda.

2. Isi daya baterai smartphone Anda sebelum benar-benar habis. Sebaiknya lakukan pengisian saat daya tersisa sekitar 20-30%. Ingat, jangan menunggu hingga baterai kosong tanpa daya listrik.

3. Mengisi daya hingga 100% terlalu sering dapat memperpendek umur baterai smartphone Anda. Cara ideal untuk mengisi baterai adalah 90-98%. Saat dikisaran angka tersebut sebaiknya lepaskan dari alat pengisi daya.

4. Sebaiknya matikan smartphone saat sedang mengisi daya. Hal ini dilakukan agar seluruh perangkat smartphone tidak berfungsi sehingga akan mempercepat proses pengisian baterai.

5. Jika terpaksa mengisi daya smartphone dalam keadaan hidup, sebaiknya kurangi kontras layar ponsel cerdas Anda. Pasalnya, kontras layar yang tinggi akan menghabiskan banyak daya baterai. Akibatnya proses pengisian daya akan memakan waktu lebih lama dan baterai akan menjadi panas.

6. Sebaiknya jangan gunakan smartphone saat sedang dilakukan pengisian daya. Apalagi ketika sambil menggunakan power bank. Gunakan sumber listrik utama yang lebih stabil.

7. Biasakan juga melepas cover atau case dari ponsel cerdas saat sedang dilakukan pengisian daya baterainya. Hal ini dapat membantu mengurangi panas yang timbul saat sedang di cas. Jika baterai terlalu sering dalam suhu panas yang cukup tinggi dapat mengurangi ketahanan baterai.

8. Gunakan baterai standar yang asli dan sesuai dengan smartphone Anda. Ada baiknya untuk mengisi daya ponsel cerdas Anda pada malam hari sebelum tidur, meskipun kini banyak ponsel cerdas yang memiliki fungsi mati secara otomatis. Hal ini dapat menghindari penggunaan smartphone saat sedang diisi dayanya.

9. Hindari mengisi daya melalui port USB komputer atau laptop. Sebab, arus listrik yang masuk ke baterai biasanya lebih kecil dari kapasitas yang terpasang pada smartphone. Tentunya hal ini dapat membuat proses pengisian daya menjadi lebih lama.

Demikianlah beberapa tips mengisi daya baterai smartphone agar awet dan tak mudah rusak. Ingat, meski disebut sebagai ponsel cerdas namun tetaplah hanya sebagai alat bantu. Maka bijaklah dalam menggunakan teknologi, khususnya smartphone. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: