ARUS MUDIK 2024 : Membludak 1 Juta Pemudik Masuk Sumatra, ASDP Setop Penjualan Tiket Merak – Bakauheni

ARUS MUDIK 2024 : Membludak 1 Juta Pemudik Masuk Sumatra, ASDP Setop Penjualan Tiket Merak – Bakauheni

MENGULAR : Suasana kawasan Pelabuhan Merak.-Radar tv-

RADARTV – Arus mudik tahun 2024 dari Pelabuhan Merak, Provinsi Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung mengalami puncaknya pada Sabtu 6 April 2024 atau H min 4 Lebaran 2024.

Bahkan, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan selaku operator moda angkutan laut di Selat Sunda ini telah mengumumkan secara resmi tidak melayani penjualan tiket online.

Penjualan sudah full booked hingga Selasa, 9 Aprilatau H min 1 lebaran. Alasan tiket hingga Senin, 8 April 2024 sudah habis terjual. 

Padahal sudah sejak jauh hari, BUMN pemegang otoritas penyeberangan laut di Indonesia ini sudah mengumumkan pembelian jauh – jauh hari.

Kondisi menyebabkan sedikit kepanikan bagi pemudik yang nekat masuk ke areal Pelabuhan Merak.

Mereka sangat berharap bisa membeli di pinggir jalan di agen – agen Ferrizy. Namun apa daya baik membeli via daring dan luring sudah tak mampu dilayani.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, menyatakan hal itu, dalam temu pers di Merak, Banten. 

Shelvy menyebut pihaknya tidak memiliki urusan dengan warga yang hendak mudik, yang tidak bisa menyeberang, karena mereka sudah mengimbau masyarakat membeli tiket dari jauh hari. 

”Saat ini semua golongan tiket baik untuk kendaraan atau pejalan kaki. Sudah terjual. Secara otomatis sistem tak melayani penjualan,” tegas Shelvy.

Disebutkanya kuota penyeberangan bagi kendaraan perhari disediakan untuk 24 ribu unit. Semuanya sudah terjual hingga 2 hari kedepan. 

”Untuk sepeda motor melalui Pelabuhan Ciwandan yang masih banyak tersedia,” kata dia.

Pengumuman tiket habis hingga Selasa, 9 April 2024, itu, berlaku bagi semua jenis kapal penyeberangan, eksekutif atau reguler, atau jenis kendaraan, termasuk pejalan kaki. 

Namun, Shelvy menyebut belum berlaku untuk Pelabuhan Ciwandan, yang khusus mengangkut sepeda motor sejak Rabu, 3 April yang lalu. Wanita itu juga menyebut pihaknya sudah menjual 1 juta tiket untuk Pelabuhan Merak, untuk Regular dan Eksekutif, dan sudah menjual pula 70 persen tiket untuk Pelabuhan Ciwandan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: