Syuting Pertama Kalinya Tanggal 30 Maret, jadi Film Pertama yang di Sutradarai Orang Indonesia Asli

Syuting Pertama Kalinya Tanggal 30 Maret, jadi Film Pertama yang di Sutradarai Orang Indonesia Asli

Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia-BPI-

RADARTV- Tak hanya menjadi hiburan, film juga berperan dan berfungsi sebagai sarana edukasi dan ekspresi seni. Bahkan dapat menjadi alat propaganda, seperti saat Jepang menjajah Indonesia.

Dikutip dari Wikipedia, perfilman Indonesia sebenarnya telah ada sejak zaman Belanda. Diawali dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia, yakni pada tanggal 5 Desember 1900 di Tanah Abang, Batavia. Kemudian, pada tahun 1926, "Loetoeng Kasaroeng" menjadi film bisu pertama yang diproduksi di Indonesia. Namun, film tersebut disutradarai oleh orang Belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp.

Hari bersejarah pun tiba, khususnya bagi dunia perfilman di Indonesia. Tepat pada tanggal 30 Maret 1950, untuk pertama kalinya dilakukan pengambilan gambar film Darah dan Doa. Ini adalah film pertama yang disutradarai oleh orang Indonesia asli, yakni Usmar Ismail.

Menurut Badan Perfilman Indonesia, film Darah dan Doa diproduksi oleh perusahaan dalam negeri, yakni perusahaan film nasional Indonesia (Perfini). Perusahan ini juga didirikan oleh Usmar Ismail. Peristiwa pengambilan pertama gambar film tersebut menjadi catatan sejarah penting bagi dunia film Indonesia. Karenanya, tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai Hari Perfilman Nasional.

Tak hanya dalam perfilman Indonesia. Berikut beberapa peristiwa penting catatan sejarah ditanggal 30 Maret:

1. Obat Bius Digunakan Pertama Kalinya dalam Operasi

Tanggal 30 Maret 1842 merupakan peristiwa bersejarah dalam dunia kedokteran. Ini disebabkan karena anestesi dengan obat bius dilakukan untuk pertama kalinya dalam prosedur pembedahan atau operasi.

Dr. Crawford Long memelopori penggunaan obat bius dengan metode Ether dalam prosedur medis. Tindakan anestesi ini tetap menjadi bagian penting dari praktik medis hingga saat ini.

2. Wafatnya Legenda Musik Indonesia, Chrisye

Pada tanggal 30 Maret 2007, dunia musik Indonesia berduka atas meninggalnya salah satu legendanya, Chrismansyah Rahadi yang dikenal dengan nama Chrisye. Ia dikenal sebagai penyanyi, penulis dan pencipta lagu berpengaruh di Indonesia.

3. Kekaisaran Rusia Menjual Alaska ke Amerika Serikat

Alaska saat ini merupakan salah satu negara bagian terbesar di Amerika Serikat. Wilayah ini adalah daerah paling kaya sumber daya alam di negeri Paman Sam.

Sebelumnya, Alaska adalah milik Kekaisaran Rusia. Namun, pada tanggal 30 Maret 1867, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, William H. Seward membeli wilayah tersebut seharga 7,2 juta dolar Amerika.

4. Austria di Serang Pasukan Soviet pada Perang Dunia II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: