Cara Mudah Sederhana: Tips Tetap Bugar Berpuasa Bagi Lansia

Cara Mudah Sederhana: Tips Tetap Bugar Berpuasa Bagi Lansia

Bulan Ramadhan: belajar mengendalikan hawa nafsu diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.-Freepik-

RADARTV- Cara mudah sederhana ini sebenarnya juga baik dicoba pada hari-hari biasa, atau saat sedang tidak berpuasa. Apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet dan tetap ingin bertenaga. Namun, manfaatnya akan lebih terasa saat menjalani ibadah puasa dibulan ramadhan.

Ya, bulan ramadhan memang bukan bulan biasa. Bulan yang penuh berkah. Ini adalah salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Dibulan yang penuh rahmat ini, umat Islam diseluruh belahan bumi menjalankan ibadah puasa. Belajar menahan hawa nafsu, amarah, haus, dan lapar, agar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai salah satu ibadah utama dibulan ramadhan, puasa adalah hal yang wajib dilaksanakan oleh umat islam. Ibadah ini tak hanya sekadar menahan lapar dan dahaga. Namun menjadi ajang melatih kesabaran, keikhlasan, dan pengendalian diri.

Tak terkecuali untuk para orang tua lanjut usia, ibadah puasa menjadi hal wajib untuk tetap dilakukan, tentunya bagi mereka yang mampu. Berikut tips agar tetap bugar menjalani puasa untuk para lansia

1. Saat sahur, usahakan batasi asupan teh dan kopi. Pasalnya kedua minuman tersebut bisa mempercepat metabolisme. Hal ini dapat menyebabkan rasa haus semakin cepat muncul meski tak sampai dehidrasi.

2. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan kaya serat. Ini bisa sedikit membantu agar rasa lapar tak cepat datang. Seperti gandum, sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beras merah.

3. Saat berbuka berpuasa, sebaiknya konsumsi juga buah kurma. Buah ini diketahui mengandung gula, serat, karbohidrat, potasium, dan magnesium. Dengan kandungan gizi pada kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang saat berpuasa bisa terganti dan cukup terpenuhi.

4. Mengonsumsi buah pisang saat sahur dan berbuka juga baik untuk tubuh. Diketahui, buah pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

5. Batasi konsumsi makanan yang digoreng, baik saat sahur, pun ketika berbuka puasa. Jika terlalu sering, dapat meningkatkan sel lemak dalam tubuh. Biasanya orang lanjut usia cenderung mengeluhkan penyakit yang disebabkan oleh lemak, seperti penyakit jantung, jantung koroner, dan hipertensi.

6. Batasi makanan atau minuman yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Asupan jenis ini dapat dengan cepat membuat Anda haus setelah mengonsumsinya.

7. Minum air putih atau jus buah. Konsumsilah saat setelah seharian berpuasa. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar aktivitas dapat berjalan lancar keesokan harinya.

8. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan dingin atau minuman es. Hal ini dapat membuat perut terasa kenyang. Akibatnya makanan bergizi lainnya  berkurang akibat kehilangan selera untuk mengonsumsinya.

BACA JUGA: Manfaat Minum Air Nabeez untuk Pertumbuhan Rambut, Ibu Hamil hingga Peradangan, Minuman Sehat Ala Rasulullah

Tak hanya untuk lansia, tips berpuasa ini juga bisa diterapkan oleh mereka yang berusia muda. Apalagi bagi orang-orang yang mesti tetap beraktivitas seharian penuh meski menjalani puasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: