Menyebarkan Pesan Damai Islam di Era Digital

Menyebarkan Pesan Damai Islam di Era Digital

ilustrasi menonton video ceramah melalui media youtube-pinterest-

RADAR TV - Pada era digital yang semakin berkembang dengan pesat ini, umat Islam memiliki tanggung jawab besar untuk menyebar luaskan pesan damai Islam (Dakwah) ke seluruh penjuru dunia. Dalam hal tersebut teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru agar dakwah Islam menjadi lebih luas dan efektif. Namun, seiring dengan perkembangnnya tantangan yang harus dihadapi juga semakin besar, terutama dalam hal menjaga keautentikan atau keaslian nilai-nilai ajaran Islam dan menghindari penyebaran informasi yang menyesatkan. Berikut adalah penjelasan tentang pentingnya berdakwah melalui media di era digital.

Pentingnya Dakwah di Era Digital

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surah An-Nahl ayat 125 :

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik." (An-Nahl: 125)

Dalam ayat ini Allah SWT menegaskan tentang pentingnya dakwah dengan cara yang bijaksana dan baik. Di era digital, kita memiliki banyak platform yang dapat digunakan untuk menyebarkan pesan Islam, seperti media sosial, blog, podcast, dan video streaming. Namun, kita tetap harus menggunakan media-media tersebut dengan bijak dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Menyebarkan Pesan Damai

Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi perdamaian. Dalam Hadits riwayat Bukhari dan Muslim Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Orang muslim adalah orang yang muslim lainnya selamat dari lisan dan tangannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam konteks dakwah digital, kita harus tetap memastikan bahwa konten-konten yang kita sajikan tidak menyinggung ataupun menyakiti orang lain. Sebaliknya, kita juga harus tetap fokus pada penyebaran pesan-pesan positif yang mempromosikan perdamaian, toleransi, dan kasih sayang.

Menjaga Keautentikan Ajaran Islam

Di era informasi yang melimpah ini, sangat penting untuk terus memastikan bahwa kita menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam yang autentik. Dalam Al-Qur’an Allah SWT memperingatkan:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌۗ اِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤىِٕكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔوْلًا

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: