Deretan Film Top Indonesia Mendunia, Ada yang Masuk Festival Film Internasional Bergengsi!

Deretan Film Top Indonesia Mendunia, Ada yang Masuk Festival Film Internasional Bergengsi!

FOTO ILUSTRASI -freepix-

Disambut positif oleh pecinta film dalam dan liar negeri, “Sekala Niskala” sukses menyabet banyak penghargaan. Film ini mendapat penghargaan “Best Feature” dalam Asia Pacific Screen Awards dan Tokyo FILMeX 2017. 

Selanjutnya di Adelaide International Film Festival 2018 di Australia kategori “International Feature Fiction Competition”.

4. Gundala (2019)

Film bertema Superhero lokal ini berhasil mengambil posisi pada kancah internasional. Joko Anwar kembali sukses dengan karyanya dan berhasil tayang pada program “Midnight Madness” di Toronto International Film Festival 2019. Selain itu, Gundala juga turut meramaikan Paris International Fantastic Film Festival (PIFFF) 2019.

5. Yuni (2021)

Selanjutnya, film “Yuni” berhasil menyabet penghargaan “Platform Prize” dalam Festival Film International Toronto 2021. Dengan mengangkat kisah sosok bernama Yuni yang diperankan oleh Arawinda yang tayang pada 2021 dan sukses tayang perdana pada Festival International Busan di tahun yang sama.

6. Penyalin Cahaya (2021)

Mengangkat isu tentang kekerasan seksual yang dialami oleh seorang perempuan,  “Penyalin Cahaya” mendapat respon positif dari kalangan pecinta film, baik dari dalam maupun luar negeri. Film karya Wregas Bhatuneja ini berhasil masuk ke dalam Festival Film Internasional Busan 2021.

7. Laut Memanggilku (2021)

Film yang digarap oleh sutradara Tumpal Tampbolon ini mengisahkan tentang seorang anak nelayan bernama Sura yang hidup sebatang kara, lalu menemukan boneka yang ia anggap sebagai orang tua sekaligus temannya. Film yang termasuk ke dalam film pendek ini berhasil meraih penghargaan pada Sonje Award dalam ajang Festival Film International Busan 2021 sebagai film pendek terbaik.

8. Dear Me (2021)

Berbeda dengan film-film sebelumnya, Film karya Monica Vanesa Tedja ini mengangkat tema LGBT. Berawal dari pembuatan tugas akhirnya selama mengenyam pendidikan program magister jurusan penyutradaraan di sebuah Universitas Jerman. Film ini sukses ditayangkan di Festival Film Internasional Locarno dalam seleksi Open Doors Screening 2021. Dan berhasil menyabet penghargaan kategori “Best Short and Animated Film” dalam ajang First Step Awards 2021.

9. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021)

Film terakhir yang sukses di perfilman internasional adalah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Film yang disutradarai oleh Edwin ini merupakan drama komedi gelap hasil adaptasi dari novel yang berjudul sama. Dengan mengangkat isu-isu sensitif, seperti maskulinitas toksik, kekerasan seksual, hingga penyalahgunaan kekuasaan yang sangat apik, film ini berhasil maraih penghargaan dalam Festival Film Internasional Locarno 2021 pada kategori kompetisi internasional (Concorso Internazionale). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: