PMKRI Siap Rumuskan Peta Jalan Songsong Indonesia Emas 2045

PMKRI Siap Rumuskan Peta Jalan Songsong  Indonesia Emas 2045

KOMITMEN : Ketua Presidium PP PMKRI Periode 2022-2024, Tri Natalia Urada saat memberikan sambutan.-pmkri-

RADARTV - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI)  menghelat workshop nasional Roadmap PMKRI  Menuju Indonesia Emas 2045, di Yogyakarta, mulai 28 Januari hingga 2 Februari 2024.

Dalam kegiatan yang mengusung tema Road Map PMKRI menuju Indonesia Emas 2045 digelar di di Auditorium Kampus Atma Jaya Yogyakarta.  Kegiatan dihelat selama sepekan dengan agenda utama mempersiapkan sumber daya manusia unggul untuk menyambut tahun 2045.

Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Tri Natalia Urada menyampaikan saat ini konsentrasi masyarakat Indonesia tertuju pada Pemilu 2024. Kendati demikian, perhatian PMKRI secara nasional tetap fokus atas agenda- agenda besar menuju Indonesia Maju, antara lain pengembangan SDM berkualitas.  

Dibutuhkan perumusan visi strategis organisasi kemahasiswaan selama kurang lebih 21 tahun kedepan dengan indikator pencapaian roadmap PMKRI menuju Indonesia Emas 2045. Ini merupakan bukti konsistensi PMKRI untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 melalui pengembangan SDM unggul, berdaya ubah dan berdampak.

Diuraikannya, perubahan dunia bergerak akibat gelombang teknologi dan digitalisasi, telah memacu PMKRI untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan. 

"Kita dipaksa untuk membangun normalitas baru agar organisasi PMKRI tetap relevan. Reformasi struktural dan kelembagaan PMKRI untuk menguatkan organisasi agar lebih inklusif dan berkelanjutan, menjadi salah satu  agenda utama dalam momen workshop ini," kata Tri.

Cita-cita menuju Indonesia Emas 2045 meurpakan mimpi besar. Sebuah harapan dan perjalanan panjang dan tak mudah. Membutuhkan kerja cepat dan kerja sama dari kita semua.

Jikalau dilihat dalam konteks global, Indonesia Emas 2045 adalah bagian dari cita-cita milenium dunia. Indonesia meratifikasi dan melihat sebagai sebuah potensi dan peluang yang harus terlibat di dalamnya.  ”Keterlibatan Indonesia diupayakan agar terimplementasi dalam setiap pola kebijakan penyelenggaraan negara", pesan ketua kepada anggota-anggota PMKRI.

Di konteks nasional, Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi menjadi negara 5 besar kekuatan ekonomi dunia. 

"Kita punya kesempatan dengan berbagai kekuatan, keuntungan demografi anak muda yang meningkat luar biasa, berbagai peluang dan ketersediaan sumber daya yang ada, diharapkan Indonesia menjadi titik sentral pertumbuhan ekonomi nasional, ASEAN dan global", jelasnya. 

PMKRI sebagai organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan melihat beberapa instrumen penting dalam proses penyelenggaran pemerintahan dan dalam tata kelola pembangunan yang sedang dan akan dilakukan. 

Secara khusus, PMKRI melihat dua hal, yaitu: aspek kelestarian lingkungan hidup atau ekologi yang berkelanjutan dan pengembangan ekonomi kreatif. 

”Presiden Jokowi selalu menekankan beberapa poin, seperti pengelolaan APBN terukur, pengembangan SDM, dan reformasi birokrasi,” jelasnya. 

Jikalau bicara sektor ekonomi kreatif merupakan sumber pembangunan inklusif yang mampu mendukung dan memperkuat identitas budaya, ekosistem kreatif, dan inovatif untuk menciptakan produk kreatif baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: